PELAKSANAAN TEACHING FACTORY PADA PROGRAM KEAHLIAN OTOMOTIF DI SMK NEGERI 2 DEPOK

Afandi, Rachmad (2019) PELAKSANAAN TEACHING FACTORY PADA PROGRAM KEAHLIAN OTOMOTIF DI SMK NEGERI 2 DEPOK. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (409kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Abstrak.pdf

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. BAB I.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB II.pdf

Download (338kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB III.pdf

Download (348kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB IV.pdf

Download (517kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB V.pdf

Download (78kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. Daftar Pustaka.pdf

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. LAMPIRAN.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk (1) mengetahui pelaksanaan pembelajaran teaching factory program keahlian otomotif di SMK N 2 Depok, (2) mengetahui progres pelaksanaan pembelajaran teaching factory program keahlian otomotif di SMK N 2 Depok, (3) mengetahui kendala apa saja yang dialami dalam pelaksanaan teaching factory. (4) mengetahui solusi untuk mengatasi kendala dalam pelaksanaan teaching factory Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pemilihan subyek penelitian yaitu Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah Bidang Humas, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum, Kepala Program Keahlian, dan 7 Guru Otomotif. Tempat penelitian ini yaitu di SMK N 2 Depok. Metode pengumpulan data menggunakan angket tertutup, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data kuantitatif menggunakan statistik deskriptif, sedangkan analisis data kualitatif melalui prosedur reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) pelaksanaan teaching factory dipengaruhi oleh dua unsur yaitu guru dan manajemen. Kesiapan guru ditinjau dari aspek attitude, bahan ajar, dan pembelajaran, 6 indikator dalam kategori siap dan 4 indikator dalam kategori kurang siap. Kesiapan manajemen ditinjau dari regulasi operasional, rekayasa dan rasionalisasi, serta self finance, 8 indikator dalam kategori siap dan 4 indikator dalam kategori kurang siap.; (2) progres yang telah dicapai dalam pelaksanaan pembelajaran teaching factory telah sampai pada tahap persiapan yaitu pada tahap akhir penyusunan dokumen hanya saja dokumen perangkat pembelajaran belum disusun secara lengkap; (3) kendala yang dialami dalam pelaksanaan teaching factory yaitu guru belum mendapatkan pelatihan atau workshop tetang pelaksanaan teaching factory. Selain itu, MOU kerjasama belum disetujui kedua belah pihak dan masih dalam bentuk draft. (4) Solusinya adalah sekolah perlu mengadakan sebuah workshop tentang pembelajaran teaching factory, sekolah melakukan studi banding ke SMK lain yang telah menjalankan teaching factory, dan penyelesaian draft MOU beserta kelengkapan dokumen lainnya perlu disegerakan oleh sekolah.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: kesiapan, teaching factory, SMK Negeri 2 Depok
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 22 Oct 2019 02:04
Last Modified: 22 Oct 2019 02:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66258

Actions (login required)

View Item View Item