Agustin, Titin and Slamet, PH (2019) Sosialisasi Kurikulum 2013 di SMK N I Kasihan Bantul Yogyakarta. S2 thesis, Program Pascasarjana.
Text
COVER.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text
BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (242kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (318kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (101kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (537kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (54kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (224kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (999kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan mengungkapkan terlaksananya sosialisasi kurikulum 2013 ditinjau dari aspek-aspek sosialisasi Kurikulum, tingkat kesiapan guru, sarana prasarana yang memadai, dan komitmen guru maupun pengelola sekolah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Masalah yang dikaji yaitu pembelajaran dengan menggunakan sosialisasi kurikulum 2013. Data yang diperoleh dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi berupa foto, audio visual yang dilakukan terhadap para guru yang mengampu mata pelajaran normatif, adaptif dan produktif. Untuk mengumpulkan data digunakan alat tulis, kamera, dan recorder, yang dilakukan dengan wawancara mendalam (Indeep interview). Data dianalisis secara deskriptif kualitatif dan divalidasi dengan teknik trianggulasi. Hasil penelitian yang ditemukan dilapangan menunjukkan bahwa: 1) sosialisasi kurikulum 2013 kurang akurat, belum jelas, dan tidak merata diterima oleh guru dan pengelola sekolah, 2) Sosialisasi Kurikulum 2013 meliputi kesiapan guru, yaitu guru telah menyesuaikan Standar Kompetensi Lulusan (SKL) sesuai dengan panduan pelaksanaan kurikulum dari pemerintah, isi materi pembelajaran telah disesuaikan SKL. Materi pembelajaran normatif dan adaptif terlaksana sesuai dengan pedoman, akan tetapi materi pembelajaran produktif masih menggunakan kurikulum implementatif. Metode pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik, sedangkan penilaian menggunakan authentic assesment sesuai dengan panduan, 3) Sarana prasarana untuk mata pelajaran produktif sudah memenuhi standar minimum diantarannya telah mempunyai (ruang studio karawitan, ruang studio tari, ruang studio pedalangan, arena teater, pendhapa, kostum dan properti tari, dan audio visual). Namun mata pelajaran normatif dan adaptif belum mempunyai fasilitas yang memadai (Jumlah LCD kurang memenuhi standar kebutuhan, 4) Komitmen Kepala Sekolah dan seluruh jajarannya telah siap untuk melaksanakan kurikulum 2013.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Sosialisasi ,Kurikulum 2013, SMK N I Kasihan Bantul. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Kejuruan |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 22 Oct 2019 02:04 |
Last Modified: | 31 May 2021 06:54 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66257 |
Actions (login required)
View Item |