Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Materi Aktivitas Kebugaran Jasmani Penjasorkes SMP Kurikulum 2013.

Anas, Muhammad Azwar and Suherman, Wawan S. (2019) Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Materi Aktivitas Kebugaran Jasmani Penjasorkes SMP Kurikulum 2013. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
C0VER.pdf

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (265kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (474kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (725kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (241kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (92MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian adalah menghasilkan model pembelajaran berbasis proyek materi aktivitas kebugaran jasmani Penjasorkes SMP Kurikulum 2013 yang valid, praktis,dan efektif. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan.Adapun model pembelajaran yang dikembangkan akan dideskripsikan pada buku model, sedangkan perangkat pendukung modelyang dikembangkan berupa rencana pelaksanaan pernbelajaran, buku panduan proyek, dan lembar kerja siswa. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Nieveen, Mckenney & Akkeryang meliputitahap preliminary research(review literatur), tahap prototyping stage(merancang petunjukdesain),tahap summative evaluation(evaluasi sumatif), dan systematic reflection and documentation(rnenuliskan keseluruhan studi). Aspek kualitas produk pengembangan berdasarkankualitas produk dari Nieveen yang terdiri daritigaaspek yaitu valid, praktis, dan efektif. Subjek uji coba penelitian terdiri atas dua kelas siswa SMP Negeri 1 Ngaglik dan SMP Negeri 1 SlemankelasVII sebagai kelas uji cobalapangan 1, danempat kelas siswa SMP Negeri 2 Sleman, SMP Negeri 2 Turi, SMP Negeri 2 Mlati, dan SMP Negeri 3 SlemankelasVII sebagai kelas uji cobalapangan 2.Instrumen penelitian ini terdiri atas:(1) kevalidan: penilaian validator tehadap modelpembelajaran, rencana pelaksanaan pembelajaran,buku panduan proyek, lembar kerja siswa;(2) kepraktisan: lembar penilaian kepraktisan guru, 1embar penilaian kepraktisansiswa,dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran (3) keefektifan: tes hasil belajar.Hasil validasiterhadap model pembelajaran yang dikembangkan dan perangkat pendukungnya yaiturencana pelaksanaan pembelajaran, buku panduan proyek,dan lembar kerja siswa telah memenuhikriteria valid. Hasiluji coba lapangan 1 dan uji coba lapangan 2 menunjukkan modelpembelajaran dan perangkat pendukung model pembelajaran yang dikembangkan telah memenuhi kriteria kepraktisan dan keefektifan.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: aktivitas kebugaran jasmani,model pembelajaran berbasis proyek
Subjects: Olahraga
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 21 Oct 2019 07:58
Last Modified: 21 Oct 2019 07:58
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66241

Actions (login required)

View Item View Item