Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android untuk Meningkatkan Prestasi Belajar dan Motivasi Belajar Kimia SMA.

Fatma, Arina Diana and Partana, Crys Fajar (2019) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android untuk Meningkatkan Prestasi Belajar dan Motivasi Belajar Kimia SMA. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (590kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab I.pdf

Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab II.pdf

Download (449kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab III.pdf

Download (578kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab IV.pdf

Download (883kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab V.pdf

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (390kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan media dan menguji perbedaan prestasi belajar dan motivasi belajar antara pembelajaran menggunakan pendekatan scientific berbantu media android dan pembelajaran menggunakan pendekatan scientific. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D). Penelitian ini dikembangkan berdasarkan model pengembangan ADDIE. Tahapan yang dilakukan dalam penelitian pengembangan ini adalah analyze (analisis), design (desain), development (pengembangan), implementation (implementasi), dan evaluation (evaluasi). Data yang diperoleh berupa data kulitatif yaitu saran dan masukan yang diberikan ahli materi, ahli media, guru, dan peserta didik serta data kuantitatif diperoleh dari uji kepraktisan dan uji keterbacaan. Uji kepraktisan dilakukan oleh guru kimia dan uji coba terbatas dilakukan peserta didik. Uji coba terbatas dilakukan untuk mengetahui keterbacaan media yang telah dikembangkan. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas XI MA. Sampel uji coba terdiri dari 2 kelas yaitu kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Kelas XI IPA 2 sebagai kelompok kontrol yang terdiri dari 28 peserta didik dan kelas XI IPA 1 sebagai kelompok eksperimen yang terdiri dari 28 peserta didik. Instrumen pengumpulan data berupa angket dan soal tes. Analisis data hasil post-test dan hasil angket dianalisis menggunakan MANOVA dan analisis media menggunakan kriteria kualitas media. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) media pembelajaran berbasis android yang dikembangkan memiliki kriteria sangat layak, sehingga layak digunakan dalam pembelajaran larutan penyangga, dan (2) hasil uji lapangan menunjukkan bahwa terdapat perbedaan prestasi belajar dan motivasi belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis android dilengkapi quiz yang menunjang pemahaman hingga aplikasi konsep larutan penyangga, media berbasis android layak digunakan pada materi larutan penyangga, dan terdapat perbedaan prestasi belajar dan motivasi belajar antara pembelajaran menggunakan pendekatan scientific berbantu media android dan pembelajaran menggunakan pendekatan scientific.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Android, kimia, media pembelajaran, motivasi belajar, prestasi belajar
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Kimia
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 18 Oct 2019 02:52
Last Modified: 18 Oct 2019 02:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66209

Actions (login required)

View Item View Item