Pemahaman Konsep dan Efikasi Diri Peserta Didik SMA dalam Pembelajaran Hibrid Menggunakan Laboratorium Realitas Virtual.

Amiati, Afsari and Ikhsan, Jaslin (2019) Pemahaman Konsep dan Efikasi Diri Peserta Didik SMA dalam Pembelajaran Hibrid Menggunakan Laboratorium Realitas Virtual. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab I.pdf

Download (241kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab II.pdf

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab III.pdf

Download (789kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab V.pdf

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (264kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1) karakteristik Laboratorium Realitas Virtual (VR-Lab) terintegrasi pembelajaran hibrid pada materi elektrolit dan nonelektrlit untuk peserta didik kelas X SMA; (2) kualitas Laboratorium Realitas Virtual (VR-Lab) terintegrasi pembelajaran hibrid berdasarkan penilaian reviewer; (3) pengaruh penggunaan media Laboratorium Realitas Virtual (VR-Lab) dan sumbangan efektifnya dalam pembelajaran hibrid pada materi elektrolit dan nonelektrloit terhadap pemahaman konsep dan efikasi diri peserta didik; dan (4) sumbangan efektif media VR-Lab sebagai pengganti dan suplemen terhadap pemahaman konsep dan efikasi diri. Penelitian ini merupakan penelitian research and development (R&D) dengan menggunakan desain pengembangan ADDIE. Desain ini terdiri dari 5 tahap, yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Penilaian kualitas produk dilakukan dengan melihat uji kelayakan, uji keterbacaan, dan uji kepraktisan. Implementasi produk dilakukan dengan menggunakan tiga kelas penelitian yang diperoleh secara cluster random sampling. Kelas tersebut yaitu, Kelas kontol (praktikum di laboratorium reguler), kelas Eksperimen I (praktikum dengan media VR-Lab), dan kelas Eksperimen II (praktikum di laboratorim reguler dan praktikum dengan media VR-Lab). Instrumen yang digunakan yaitu soal pemahaman konsep dan angket efikasi diri. Data dianalisis dengan MANOVA untuk mengetahui pengaruh media VR-Lab terhadap pemahaman konsep dan efikasi diri peserta didik Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Media VR-Lab yang dikembangkan merupakan media yang menerapkan interaksi 3D yang dapat digunakan tanpa koneksi internet, sehingga dapat digunakan kapanpun dan dimanapun. Media ini juga dapat dijadikan sebagai pengganti dan suplemen untuk praktikum reguler; (2) Kualitas media VR-Lab berada pada kategori baik ditinjau dari aspek kelayakan, keterbacaan, dan kepraktisan; (3) Kelas dengan praktikum VR-Lab sebagai suplemen (Eksperimen II) memiliki perbedaan yang signifikan dengan kelas tanpa media VR-Lab (Kontrol) dari segi pemahaman konsep dan efikasi diri peserta didik. Adapun, untuk kelas yang menggunakan media VR-Lab sebagai pengganti (Eksperimen I) tidak memiliki perbedaan yang signifikan dengan kelas kontrol, dan (4) Sumbangan efektif media VR-Lab sebagai penggani dan suplemen terhadap pemahaman konsep dan efikasi diri yaitu sebesar 28,3 % dan 30,7%.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Laboratorium Realitas Virtual (VR-Lab), Pembelajaran Hibrid, Pemahaman Konsep, Efikasi Diri, Elektrolit dan Noneletrolit
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Kimia
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 18 Oct 2019 02:31
Last Modified: 18 Oct 2019 02:31
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66208

Actions (login required)

View Item View Item