Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dan Sikap Kreatif Siswa SMA berdasarkan Taksonomi Structure Of The Observed Learning Outcomes (SOLO).

Febrima, Resvita and Mahmudi, Ali (2019) Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dan Sikap Kreatif Siswa SMA berdasarkan Taksonomi Structure Of The Observed Learning Outcomes (SOLO). S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (817kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (227kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (445kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (387kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif matematis berdasarkan taksonomi SOLO, sikap kreatif, dan hubungan antara kemampuan berpikir kreatif matematis dengan sikap kreatif siswa SMA negeri di kota Padang. Penelitian ini adalah penelitian survei. Subjek penelitian terdiri dari 107 siswa kelas XI SMA negeri di kota Padang yang berasal dari 4 sekolah dengan kategori strata tinggi, strata sedang, dan strata rendah. Sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan stratified proporsional random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen berupa tes dan angket. Instrumen yang berupa tes essai terdiri dari 5 butir soal dan angket sikap kreatif siswa yang terdiri dari 25 item. Instrumen yang digunakan telah divalidasi oleh dua orang ahli. Bukti validitas konstruk instrumen nontes dengan KMO sebesar 0,753. Estimasi reliabilitas untuk instrumen tes dengan cronbach’s alpha sebesar 0,705 dan instrumen non tes dengan cronbach’s alpha sebesar 0,803 Analisis data dilakukan dengan cara deskriptif menggunakan nilai rata-rata, standar deviasi, nilai maksimum, nilai minimum, skor total, dan persentase jawaban Hasil penelitian menunjukkan bahwa 107 siswa yang dijadikan subjek penelitian memiliki kemampuan berpikir kreatif matematis berada pada kategori tinggi dengan rata-rata 26,2 dan persentase 72,82%. Kemampuan berpikir kreatif matematis tertinggi berada pada aspek flexibility dengan persentase 79,20%, selanjutnya aspek elaboration berada pada urutan kedua dengan persentase perolehan 76,02%, aspek ketiga fluency dengan persentase 73,18%, dan persentase terendah pada aspek originality sebanyak 71,60%. Berdasarkan taksonomi SOLO kemampuan berpikir kreatif matematis siswa berada pada level multistructural dengan rata-rata 82,32. Sikap kreatif siswa berada pada kategori sedang dengan rata-rata 87,95 dan persentase 70,36%. Hubungan kemampuan berpikir kreatif matematis dan sikap kreatif siswa termasuk kategori rendah karena nilai r sebesar 0,35 berada pada rentang 0,20-0,40.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan berpikir kreatif matematis, Sikap kreatif, Taksonomi SOLO.
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 18 Oct 2019 01:51
Last Modified: 18 Oct 2019 01:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66207

Actions (login required)

View Item View Item