Pengembangan Perangkat Pembelajaran Geometri menggunakan Problem-Based Learning dengan Strategi Metakognitif Berorientasi pada Kemampuan Literasi Matematika dan Self-Efficacy Siswa SMP.

Kurniawati, Nur Dwi Laili and Mahmudi, Ali (2019) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Geometri menggunakan Problem-Based Learning dengan Strategi Metakognitif Berorientasi pada Kemampuan Literasi Matematika dan Self-Efficacy Siswa SMP. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (707kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (259kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (555kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (496kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (78kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (406kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan unuk menghasilkan perangkat pembelajaran geometri menggunakan model Problem-Based Learning dengan strategi metakognitif berorientasi pada kemampuan literasi matematika dan self-efficacy siswa SMP kelas VIII yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Subjek uji coba adalah 32 siswa kelas VIII di SMP N 5 Yogyakarta. Instrumen penilaian kevalidan berupa lembar validasi. Instrumen penilaian kepraktisan berupa lembar penilaian perangkat pembelajaran oleh guru, lembar penilaian perangkat pembelajaran oleh siswa, dan lembar observasi. Instrumen penilaian keefektifan berupa tes kemampuan literasi matematika dan angket self-efficacy. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan telah memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan memenuhi kriteria valid berdasarkan rata-rata jumlah skor penilaian dari validator yaitu untuk RPP adalah 74,5 dengan kategori baik dan untuk LKS adalah 74,5 dengan kategori baik serta kesimpulan dari kedua validator yang menyatakan RPP dan LKS yang dikembangkan valid dengan revisi. Perangkat pembelajaran memenuhi kriteria praktis berdasarkan rata-rata persentase hasil obserasi keterlaksanaan pembelajaran yaitu 92,29 % yang masuk pada kategori sangat baik, skor penilaian perangkat pembelajara oleh guru yaitu 91 dengan kategori sangat baik dan rata-rata skor penilaian siswa yaitu 35,35 dengan kategori baik. Perangkat pembelajaran memenuhi kriteria efektif berdasarkan hasil angket self-efficacy menunjukkan bahwa terdapat 81,25% siswa yang memiliki self-efficacy minimal kategori tinggi, persentase jumlah siswa yang mencapai KKM pada tes kemampuan literasi matematika adalah 78,125% dan berdasarkan uji one sample t-test rata-rata nilai tes kemampuan literasi matematika siswa secara signifikan lebih dari KKM.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: PBL, metakognitif, self-efficacy, literasi
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 18 Oct 2019 01:42
Last Modified: 18 Oct 2019 01:42
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66204

Actions (login required)

View Item View Item