Analisis Kemampuan Number Sense Siswa SMP.

Maghfirah, Maghfirah and Mahmudi, Ali (2019) Analisis Kemampuan Number Sense Siswa SMP. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (736kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (625kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (362kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (564kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (232kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan number sense siswa SMP. Penelitian ini merupakan penelitian survei dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif untuk mendeskripsikan kemampuan number sense siswa SMP. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP negeri di kota Yogyakarta, sebanyak 16 sekolah terdiri dari 3211 siswa pada tahun ajaran 2018/2019. Sampel penelitian ditentukan menggunakan teknik simple random sampling, karena populasi dianggap homogen berdasarkan kebijakan zonasi yang telah diberlakukan oleh pemenerintah. Sampel penelitian berjumlah 252 siswa yang mewakili kategori siswa dengan kemampuan matematika sangat tinggi, tinggi, sedang, rendah, dan sangat rendah. Instrumen yang digunakan berupa tes kemampuan number sense terdiri dari 10 butir soal uraian. Tes number sense terdiri dari empat indikator, yaitu (1) menentukan estimasi terdekat pada suatu hasil operasi bilangan dan merepresentasikannya, (2) mengidentifikasi sifat berurutan dari bilangan-bilangan dan keteraturan pada sistem bilangan, (3) Mengidentifikasi karakteristik hasil operasi bilangan dan implikasinya pada berbagai jenis bilangan, dan (4) menilai kewajaran suatu hasil perhitungan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan number sense siswa secara umum berada pada kategori rendah dengan rentang 5,54 – 6,42. Tingkatan kemampuan number sense siswa mencerminkan tingkatan kemampuan matematika siswa di sekolah. Semakin tinggi kemampuan number sense siswa maka semakin tinggi pula kemampuan matematika siswa. Siswa dengan kemampuan matematika sangat tinggi memiliki kemampuan number sense sedang. Siswa dengan kemampuan matematika tinggi memiliki kemampuan number sense rendah. Siswa dengan tingkat kemampuan matematika sedang, rendah, dan sangat rendah memiliki kemampuan number sense sangat rendah. Siswa dengan kemampuan matematika sangat tinggi memiliki kemampuan number sense sedang pada setiap indikator. Siswa dengan kemampuan matematika tinggi memiliki kemampuan number sense rendah pada setiap indikator. Siswa dengan kemampuan matematika kemampuan matematika sedang, rendah, dan sangat rendah memiliki kemampuan number sense sangat rendah pada setiap indikator. Kesulitan siswa dalam menyelesaikan tes number sense sebagian besar disebabkan pemahaman konsep dasar bilangan yang sangat lemah. Selain itu siswa tidak terlatih untuk mengestimasi atau memperkirakan dan lebih terbiasa menggunakan prosedural baku dalam membuat keputusan matematika.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: number sense
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 17 Oct 2019 07:36
Last Modified: 16 Feb 2023 02:40
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66202

Actions (login required)

View Item View Item