Efektivitas Penggunaan "Proofs Without Words" dalam Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Discovery Learning Ditinjau dari Pemahaman Konsep, Kemampuan Representasi Matematis dan Berpikir Kritis

Kristiyajati, Angga and Wijaya, Ariyadi (2019) Efektivitas Penggunaan "Proofs Without Words" dalam Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Discovery Learning Ditinjau dari Pemahaman Konsep, Kemampuan Representasi Matematis dan Berpikir Kritis. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (348kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (428kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (279kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (549kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (339kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (13MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penggunaan PWWs pada model pembelajaran discovery learning pada pembelajaran matematika ditinjau dari pemahaman konsep, kemampuan berpikir kritis, dan representasi matematis. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah ekperimen. Desain penelitian untuk memperoleh data mengenai pemahaman konsep, kemampuan berpikir kritis dan representasi matematis menggunakan desain multivariate case. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas 11 SMA di kota Yogyakarta. Teknik penarikan sampel yang digunakan adalah teknik stratified random sampling. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas 11 IPA 2 SMAN 8 Yogyakarta, 11 IPA 3 SMAN 8, 11 IPA 3 Yogyakarta SMAN 2 Yogyakarta, 11 IPA 4 SMAN 2 Yogyakarta, 11 IPA 1 SMAN 11 Yogyakarta, dan 11 IPA 2 SMAN 11 Yogyakarta. Pada masing- masing dua kelas di sekolah tersebut, satu kelas diberi perlakuan pembelajaran discovery learning dengan proof without words (PWWs) dan kelas yang lain diberi perlakuan pembelajaran discovery learning tanpa proof without words (PWWs). Instrumen pengukuran yang digunakan pada penelitian ini adalah instrumen tes esai sebanyak 10 soal. Pembelajaran discovery learning dikatakan efektif apabila nilai rata-rata pemahaman konsep minimal 75, nilai rata-rata kemampuan berpikir kritis minimal 65, dan nilai rata-rata representasi matematis minimal 65. Berdasarkan hasil penelitian, walaupun data yang diperoleh tidak memenuhi asumsi normalitas, akan tetapi banyaknya anggota sampel lebih dari 30 sehingga pada analisa data bisa menggunakan statistik parametris. Berdasarkan hasil uji hipotesis dengan taraf signifikansi 0.05 dapat disimpulkan bahwa penggunaan PWWs efektif pada model pembelajaran discovery learning pada pembelajaran matematika jika ditinjau dari pemahaman konsep, kemampuan berpikir kritis dan representasi matematis.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: berpikir kritis, discovery learning, pemahaman konsep, PWWs, representasi matematis
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 17 Oct 2019 02:22
Last Modified: 17 Oct 2019 02:22
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66191

Actions (login required)

View Item View Item