Putri, Andi Gusmaulia Eka and Wustqa, Dhoriva Urwatul (2019) Keefektifan Pendekatan Kontekstual dengan Strategi Pembelajaran The Power of Two Ditinjau dari Kemampuan Koneksi, Kemandirian Belajar, dan Prestasi Belajar Peserta Didik. S2 thesis, Program Pascasarjana.
|
Text
COVER.pdf Download (866kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (281kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (657kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (638kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (729kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (84kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (372kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (11MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) keefektifan pendekatan kontekstual dengan strategi the power of two; (2) keefektifan pendekatan kontekstual; dan (3) perbedaan keefektifan pendekatan kontekstual dengan strategi the power of two dan pendekatan kontekstual ditinjau dari (a) kemampuan koneksi, (b) kemandirian belajar, dan (c) prestasi belajar matematika peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment dengan desain nonequivalent pretest-posttest control-group design. Populasi ii menggunakan Manova. mencakup seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Yogyakarta. Kelas VIII A dan VIII B dipilih sebagai sampel. Kemudian kedua kelas yang terpilih secara acak untuk dijadikan sebagai kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Kelas VIII A sebagai kelas eksperimen yang menerima pembelajaran pendekatan kontekstual dengan strategi pembelajaran the power of two, sedangkan kelas VIII B sebagai kelas kontrol yang menerima pembelajaran pendekatan kontekstual. Penelitian dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2018/2019 dari bulan Maret hingga bulan Mei. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini terdiri atas soal tes kemampuan koneksi matematis, angket kemandirian belajar, dan soal tes prestasi belajar matematika. Keefektifan pendekatan kontekstual dengan strategi pembelajaran the power of two dan pendekatan kontektual ditinjau dari kemampuan koneksi matematis, kemandirian belajar, dan prestasi belajar dianalisis menggunakan one sample t-test. Perbedaan kemampuan koneksi matematis, kemandirian belajar dan prestasi belajar matematika peserta didik sebelum dan sesudah perlakuan dianalisis Hasil penelitian menunjukkan pada taraf signifikan 5% menunjukkan bahwa: (1) pendekatan kontekstual dengan strategi pembelajaran the power of two efektif ditinjau dari kemampuan koneksi matematis, kemandirian belajar, dan prestasi belajar matematika peserta didik. (2) Pendekatan kontekstual hanya efektif ditinjau dari kemampuan koneksi matematis dan prestasi belajar matematika peserta didik. (3) Selain itu, pembelajaran kontekstual dengan strategi pembelajaran the power of two lebih efektif dibandingkan pendekatan kontekstual ditinjau dari kemampuan koneksi matematis dan kemandirian belajar peserta didik.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kontekstual, the power of two, kemampuan koneksi, kemandirian belajar, prestasi belajar |
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 17 Oct 2019 02:13 |
Last Modified: | 17 Oct 2019 02:13 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66189 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |