Efektivitas Model Pembelajaran Creative Problem Solving Berbantuan Media Interaktif Ditinjau dari Kemampuan Penalaran, Komunikasi dan Self Esteem

Rachman, Abdillah and Rosnawati, Raden (2019) Efektivitas Model Pembelajaran Creative Problem Solving Berbantuan Media Interaktif Ditinjau dari Kemampuan Penalaran, Komunikasi dan Self Esteem. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (385kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (362kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (616kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (578kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (575kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (355kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan model pembelajaran yang efektif pada pembelajaran matematika yaitu model pembelajaran creative problem solving dan konvensional serta perbedaan efektifitas ditinjau dari kemampuan penalaran, komunikas dan self esteem. Penelitian ini adalah penelitian quasi experiment dengan desain penelitian nonequivalent pretest-posttest control-group design. Subjek penelitian merupakan peserta didik MAN Purbalingga pada materi transformasi geometri. Penelitian dilaksanakan di MAN Purbalingga dengan sampel sebanyak dua kelas yang terdiri dari kelas XI IPA 1 dan XI IPA 2. Kedua kelas yang terpilih secara acak untuk dijadikan sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas XI IPA 1 sebagai kelas kontrol yang menerapkan model pembelajaran konvensional dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen yang menerapkan model pembelajaran creative problem solving. Instrumen penelitian ini terdiri dari tes kemampuan penalaran, tes kemampuan komunikasi serta angket self-esteem. Teknik analisis menggunakan deskriptif dan Manova. Hasil penelitian pada taraf signifikansi 5% menunjukkan bahwa : (1) model pembelajaran creative problem solving berbantuan media interaktif efektif ditinjau dari kemampuan penalaran, komunikasi dan self esteem, (2) model pembelajaran konvensional berbantuan media interaktif efektif ditinjau dari kemampuan penalaran, komunikasi dan self esteem, (3) terdapat perbedaan keefektifan antara model pembelajaran creative problem solving dan konvensional berbantuan media interaktif ditinjau dari kemampuan penalaran, komunikasi dan self esteem.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Creative problem solving, Konvensional, Kemampuan penalaran, Komunikasi, Self Esteem.
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 17 Oct 2019 02:07
Last Modified: 17 Oct 2019 02:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66187

Actions (login required)

View Item View Item