PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PEMELIHARAAN BATERAI PADA SISWA KELAS X TKR DI SMK NEGERI 1 CANGKRINGAN PADA TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Putra, Brian Pradana (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PEMELIHARAAN BATERAI PADA SISWA KELAS X TKR DI SMK NEGERI 1 CANGKRINGAN PADA TAHUN PELAJARAN 2018/2019. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (967kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Abstrak.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. Bab I.pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. Bab II.pdf

Download (424kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. Bab III.pdf

Download (428kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. Bab IV.pdf

Download (291kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. Bab V.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. Daftar Pustaka.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. Lampiran.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian eksperimen kuasi dalam pendidikan ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap motivasi dan hasil belajar Pemeliharaan Baterai pada siswa kelas X TKR SMK Negeri 1 Cangkringan tahun pelajaran 2018/2019. Data dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan angket dan tes. Subjek penelitian ini ialah 64 siswa terdiri dari 32 siswa kelas kontrol dan 32 siswa kelas eksperimen. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji-t antar kelompok. Uji-t antar kelompok digunakan untuk mengetahui perbedaan motivasi belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol setelah diberi perlakuan, untuk mengetahui perbedaan hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol setelah diberi perlakuan. Hasil penelitian menunjukan bahwa motivasi belajar kelas eksperimen dengan model Problem Based Learning lebih tinggi dibandikan dengan kelas kontrol dengan metode ceramah dan hasil belajar kelas eksperimen dengan model Problem Based Learning tidak lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol dengan metode ceramah pada materi Pemeliharaan Baterai pada siswa kelas X TKR SMK Negeri 1 Cangkringan tahun pelajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: metode eksperimen, problem based learning, motivasi belajar, hasil belajar, pemeliharaan baterai
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 16 Oct 2019 07:58
Last Modified: 16 Oct 2019 07:58
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66178

Actions (login required)

View Item View Item