Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) dan Strategi Concept Map (CM) terhadap Pemecahan Masalah dan Pemahaman Konsep Ekosistem Siswa SMA.

Aritia, Ela and Suyanto, Slamet (2019) Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) dan Strategi Concept Map (CM) terhadap Pemecahan Masalah dan Pemahaman Konsep Ekosistem Siswa SMA. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
Cover.pdf
Restricted to Registered users only

Download (521kB)
[img] Text
Bab I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (132kB)
[img] Text
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (341kB)
[img] Text
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (171kB)
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (186kB)
[img] Text
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (73kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (145kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (764kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh : (1) model PBL terhadap kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan pemahaman konsep siswa SMA N 6 Yogyakarta materi ekosistem, (2) strategi Concept Mapping terhadap kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan pemahaman konsep siswa SMA N 6 Yogyakarta materi ekosistem, (3) PBL dan Concept Mapping terhadap kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan pemahaman konsep siswa SMA N 6 Yogyakarta materi ekosistem. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimen semu dengan pretest- postest control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 6 Yogyakarta. Sampel penelitian ini menggunakan 4 kelas X yang terdiri dari 3 kelas eksperimen dan 1 kelas control. Kelas eksperimen terdiri dari kelas PBL+CM, kelas PBL, dan kelas CM. Sedangkan kelas kontrol menggunakan model pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data kemampuan pemecahan masalah berupa tes uraian yang terdiri dari 5 soal dan tes pilihan ganda untuk mengukur kemampuan pemahaman konsep yang terdiri dari 20 soal. Pengujian terhadap adanya perbedaan pengaruh penerapan variasi model pembelajaran terhadap kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan pemahaman konsep siswa dilakukan dengan uji ANOVA. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Model pembelajaran PBL tidak berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah dan berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa SMA Negeri 6 Yogyakarta materi ekosistem; 2) Concept Mapping tidak berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah dan berpengaruh signifikan terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa SMA Negeri 6 Yogyakarta materi ekosistem; 3) PBL+CM tidak berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan pemahaman konsep peserta didik SMA Negeri 6 Yogyakarta materi ekosistem.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning (PBL), Concept Mapping (CM), pemecahan masalah, pemahaman konsep
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 15 Oct 2019 07:29
Last Modified: 23 Feb 2023 08:43
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66160

Actions (login required)

View Item View Item