PELAKSANAAN PROGRAM PENGEMBANGAN DIRI SISWA SMK NEGERI 2 PENGASIH

Gresika Voor , Tegar (2012) PELAKSANAAN PROGRAM PENGEMBANGAN DIRI SISWA SMK NEGERI 2 PENGASIH. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
JURNAL TUGAS AKHIR SKRIPSI.pdf

Download (304kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk: (1) mengetahui rancangan dari program pengembangan diri SMK Negeri 2 Pengasih; (2) mengetahui pelaksanaan dan strategi pendekatan sekolah dalam melaksanakan program pengembangan diri; (3) mengetahui pengaruh program pengembangan diri terhadap pembentukan karakter siswa SMK Negeri 2 Pengasih. Penelitian ini merupakan jenis penelitian evaluatif dengan menggunakan pendekatan mixed method. Subyek dalam penelitian ini adalah Wakil Kepala Sekolah bidang kesiswaan, guru konselor, guru pembina ekstrakurikuler, dan siswa. Obyek penelitiannya adalah layanan bimbingan konseling dan karir, kegiatan ekstrakurikuler, dan kegiatan pengembangan diri yang mendukung dalam pelaksanaan program pengembangan diri lainya yang terdapat di SMK Negeri 2 Pengasih. Sampel penelitian berjumlah 200 siswa diambil 20% dari jumlah populasi 973 siswa kelas X dan XI, dengan teknik sampling purposive. Metode pengumpulan data dengan cara observasi, dokumentasi, wawancara, dan angket, dengan menggunakan instrumen penelitian model Rating Scale dan skala Likert. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) perancangan program pengembangan diri SMK Negeri 2 Pengasih melalui pelayanan konseling memiliki kriteria sangat baik yaitu 92,85%, begitupula dengan perancangan program pengembangan diri melalui kegiatan ekstrakurikuler memiliki kriteria sangat baik yaitu 85,71%; (2) pelaksanaan program pengembangan diri yang diambil dari jumlah sampel 200 siswa mempunyai kecenderungan terhadap pelayanan konseling dan karir 30% dengan kategori baik, kegiatan ekstrakurikuler 48% dengan kategori baik, kegiatan tidak terprogram 49% kategori rendah. Secara keseluruhan kecenderungan siswa terhadap pelaksanaan program pengembangan diri 30,50% kategori sangat baik; (3) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan pelaksanaan program pengembangan diri terhadap pembentukan karakter siswa, dimana (thitung = 6,506) > (ttabel (α=5%) = 1,972).

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektro
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Users 1141 not found.
Date Deposited: 10 Oct 2012 07:20
Last Modified: 29 Jan 2019 16:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/6616

Actions (login required)

View Item View Item