Diana, Diah Mustika and Paidi, Paidi (2019) Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Dan Retensi Pada Siswa Dengan Kecerdasan Logis Matematis Dan Naturalis. S2 thesis, Program Pascasarjana.
![]() |
Text
Cover.pdf Restricted to Registered users only Download (497kB) |
![]() |
Text
Bab I.pdf Restricted to Registered users only Download (232kB) |
![]() |
Text
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (615kB) |
![]() |
Text
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (378kB) |
![]() |
Text
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (418kB) |
![]() |
Text
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (65kB) |
![]() |
Text
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (212kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui pengaruh model discovery learning terhadap hasil belajar dan retensi pada siswa dengan kecerdasan logis matematis, (2) mengetahui pengaruh model discovery learning terhadap hasil belajar dan retensi pada siswa dengan kecerdasan naturalis, (3) mengetahui pengaruh model discovery learning terhadap hasil belajar pada siswa dengan kecerdasan logis matematis dan naturalis, (4) mengetahui pengaruh model discovery learning terhadap retensi pada siswa dengan kecerdasan logis matematis dan naturalis. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimen semu dengan desain Quasy Experiment dengan Pretest-Posttes Design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 6 Yogyakarta. Sampel pada penelitian ini menggunakan 4 kelas X dari 7 kelas. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa tes pilihan ganda untuk melihat kemampuan kecerdasan logis matematis dan esai untuk melihat kemampuan kecerdasan naturalis siswa. Pengujian terhadap adanya pengaruh model discovery learning terhadap hasil belajar dan retensi pada siswa dengan kecerdasan logis matematis dan naturalis dilakukan dengan uji One Way Anova. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Model discovery learning berpengaruh terhadap hasil belajar dan retensi pada siswa dengan kecerdasan logis matematis, (2) Model discovery learning berpengaruh terhadap hasil belajar dan tidak berpengaruh terhadap retensi pada siswa dengan kecerdasan naturalis, (3) Model discovery learning tidak berpengaruh terhadap hasil belajar pada siswa dengan kecerdasan logis matematis dan naturalis, (4) Model discovery learning berpengaruh terhadap retensi siswa dengan kecerdasan logis matematis dan naturalis.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Discovery Learning, kecerdasan Logis matematis, kecerdasan Naturalis, Hasil Belajar, Retensi |
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 15 Oct 2019 02:53 |
Last Modified: | 27 Feb 2023 04:36 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66149 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |