Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Dan Retensi Pada Siswa Dengan Kecerdasan Logis Matematis Dan Naturalis.

Diana, Diah Mustika and Paidi, Paidi (2019) Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Dan Retensi Pada Siswa Dengan Kecerdasan Logis Matematis Dan Naturalis. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
Cover.pdf
Restricted to Registered users only

Download (497kB)
[img] Text
Bab I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (232kB)
[img] Text
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (615kB)
[img] Text
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (378kB)
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (418kB)
[img] Text
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (65kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (212kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui pengaruh model discovery learning terhadap hasil belajar dan retensi pada siswa dengan kecerdasan logis matematis, (2) mengetahui pengaruh model discovery learning terhadap hasil belajar dan retensi pada siswa dengan kecerdasan naturalis, (3) mengetahui pengaruh model discovery learning terhadap hasil belajar pada siswa dengan kecerdasan logis matematis dan naturalis, (4) mengetahui pengaruh model discovery learning terhadap retensi pada siswa dengan kecerdasan logis matematis dan naturalis. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimen semu dengan desain Quasy Experiment dengan Pretest-Posttes Design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 6 Yogyakarta. Sampel pada penelitian ini menggunakan 4 kelas X dari 7 kelas. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa tes pilihan ganda untuk melihat kemampuan kecerdasan logis matematis dan esai untuk melihat kemampuan kecerdasan naturalis siswa. Pengujian terhadap adanya pengaruh model discovery learning terhadap hasil belajar dan retensi pada siswa dengan kecerdasan logis matematis dan naturalis dilakukan dengan uji One Way Anova. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Model discovery learning berpengaruh terhadap hasil belajar dan retensi pada siswa dengan kecerdasan logis matematis, (2) Model discovery learning berpengaruh terhadap hasil belajar dan tidak berpengaruh terhadap retensi pada siswa dengan kecerdasan naturalis, (3) Model discovery learning tidak berpengaruh terhadap hasil belajar pada siswa dengan kecerdasan logis matematis dan naturalis, (4) Model discovery learning berpengaruh terhadap retensi siswa dengan kecerdasan logis matematis dan naturalis.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Discovery Learning, kecerdasan Logis matematis, kecerdasan Naturalis, Hasil Belajar, Retensi
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 15 Oct 2019 02:53
Last Modified: 27 Feb 2023 04:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66149

Actions (login required)

View Item View Item