Danoebroto, Sri Wulandari and Suyata, Suyata (2019) Membangun Literasi Matematika berbasis Budaya Lokal: Studi Pemikiran dan Praktik Guru Matematika SMP. S3 thesis, Program Pascasarjana.
![]() |
Text
Cover.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) |
![]() |
Text
Bab I.pdf Restricted to Registered users only Download (278kB) |
![]() |
Text
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (981kB) |
![]() |
Text
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (158kB) |
![]() |
Text
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
![]() |
Text
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (496kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (407kB) |
![]() |
Text
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) memaknai beliefs guru tentang literasi matematika berbasis budaya lokal, 2) mengkonstruksi konsep membangun literasi matematika berbasis budaya lokal, 3) mempolakan praktik guru membangun literasi matematika berbasis budaya lokal dalam pembelajaran di kelas. Penelitian ini merupakan studi kasus jamak terhadap tiga guru matematika SMP yang telah menggunakan budaya lokal dalam pembelajaran di kelas. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi non partisipan, serta studi dokumentasi dan dianalisis menggunakan teknik analisis data kualitatif model interaktif Miles dan Huberman. Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi data, thick description, member check, dan validasi ahli melalui teknik Delphi. Penelitian ini menghasilkan tiga simpulan. Pertama, literasi matematika berbasis budaya lokal merupakan kemampuan matematika fungsional yang dicapai melalui eksplorasi budaya lokal. Pemikiran ini dilandasi oleh belief bahwa matematika merupakan ilmu yang bermanfaat sebagai alat berpikir untuk menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari yang terikat dengan dimensi manusia dan budaya. Konsep literasi matematika berbasis budaya lokal dalam pemikiran guru belum menempatkan budaya lokal sebagai alat evaluasi terhadap literasi matematika yang dikembangkan. Kedua, konsepsi membangun literasi matematika berbasis budaya lokal dirancang berdasarkan karakteristik matematika dan proses yang mendidik dalam bentuk diskusi dan presentasi dengan kegiatan mengamati artefak, menirukan cara/strategi menghasilkan artefak, lalu merancang dan mengkreasi artefak yang dimodifikasi. Konsepsi membangun literasi matematika berbasis budaya lokal dalam pemikiran guru masih berpusat kepada matematika sehingga belum seimbang dengan upaya membangun identitas budaya. Ketiga, ditemukan pola praktik guru dalam membangun literasi matematika berbasis budaya lokal sebagai membangun kemampuan berpikir matematis, membangun pengetahuan dan keterampilan matematika aplikatif, dan membangun identitas budaya yang dilaksanakan melalui kegiatan eksplorasi dan abstraksi artefak, kegiatan komunikasi matematis, penggunaan algoritma, dan pemecahan masalah.
Item Type: | Thesis (S3) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Artefak, budaya lokal, keyakinan guru, konsepsi membangun literasi matematika |
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 14 Oct 2019 04:11 |
Last Modified: | 28 May 2021 05:38 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66127 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |