Nilai-nilai Budaya Sasak dalam Perspektif Etnomatematika

Supiyati, Sri and Jailani, Jailani (2019) Nilai-nilai Budaya Sasak dalam Perspektif Etnomatematika. S3 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
Cover.pdf
Restricted to Registered users only

Download (895kB)
[img] Text
Bab I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (330kB)
[img] Text
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (569kB)
[img] Text
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (352kB)
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (188kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (336kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (a) mengidentifikasi nilai-nilai dan aktivitas budaya Sasak yang diperaktikkan masyarakat Sasak (b) menganalisis konsep- konsep matematika yang terkandung dalam nilai-nilai dan aktivitas budaya masyarakat Sasak, (c) menemukan etnomatematika masyarakat Sasak sebagai sumber belajar matematika di pendidikan dasar. Penelitian ini penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi untuk mengidentifikasi dan menemukan nilai-nilai dan aktivitas budaya Sasak dilihat dari sudut pandang etnomatematika. Subjek utama dalam penelitian ini antara lain budayawan, tokoh adat, ahli matematika dan guru matematika, data diambil di daerah-daerah yang masih ada situs-situs budaya dengan waktu penelitian selama 12 bulan. Objek penelitian ini adalah aktivitas masyarakat Sasak yang terdiri atas sistem nilai dan aktivitas budaya masyarakat Sasak yakni ritual adat kelahiran, perkawinan dan ritual kematian, sedangkan produk budaya masyarakat Sasak terdiri atas bangunan tradisional, kerajinan tradisonal dan kesenian tradisonal masyarakat Sasak, yang mengandung unsur matematika. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam dan dokumentasi artefak-artefak budaya yang ada disuku Sasak Lombok. Tekhnik analisis data menggunakan analisis etnografi yang terdiri atas analisis domain, analisis taksonomi, komponen dan analisis tema budaya. Hasil penelitian menggambarkan bahwa dalam nilai-nilai dan aktivitas budaya masyarakat Sasak seperti upacara kelahiran, upacara perkawinan, upacara setelah kematian, bangunan tradisional, kerajinan tradisonal dan kesenian tradisonal mengandung konsep matematika diantaranya konsep geometri dan pengukuran , aritmetika sosial, konsep bilangan, konsep modulo, konsep himpunan. Untuk aktivitas matematika yang masih berkembang dalam budaya masyarakat Sasak antara lain membilang, berhitung, , mengukur, membuat pola dan pemecahan masalah sosial. Nilai-nilai pendidikan matematika dalam tradisi masyarakat Sasak antara lain nilai ketaatan, solidaritas, gotong royong (kerjasama), realistis, disiplin, terampil, kerja keras, jujur, kreatif dan keberanian. Ditemukan Potensi yang besar dalam etnomatematika Sasak yang bisa dijadikan sumber belajar matematika dipendidikan dasar.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: Etnomatematika, Nilai – Nilai Budaya Masyarakat Sasak.
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 14 Oct 2019 03:38
Last Modified: 28 May 2021 06:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66126

Actions (login required)

View Item View Item