PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS – ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI TKRO PADA MATA PELAJARAN PEMELIHARAAN MESIN KENDARAAN RINGAN (PMKR) DI SMK N 2 YOGYAKARTA

Akhmad, Faisal (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS – ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI TKRO PADA MATA PELAJARAN PEMELIHARAAN MESIN KENDARAAN RINGAN (PMKR) DI SMK N 2 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1. COVER SKRIPSI.pdf

Download (303kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. BAB 1 .pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB 2 .pdf

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB 3.pdf

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB 4.pdf

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB 5.pdf

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. LAMPIRAN.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI TKR 3 pada mata pelajaran PMKR di SMK N 2 Yogyakarta melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divison (STAD). Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pengambilan data penelitian dilakukan pada 15 Juli – 15 Agustus 2019 di SMK N 2 Yogyakarta. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus yang masing – masing siklus terdiri dari 1 kali pertemuan. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas XII TKR 3 pada mata pelajaran Pemeliharaan Mesin Kendaraan Ringan (PMKR) semester ganjil tahun ajaran 2019/2020 dengan jumlah 31 siswa. Pengambilan data melalui tes dan observasi. Pengolahan data dilakukan secara kuantitatif dengan melihat pelaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divison (STAD) dan hasil belajar. Kriteria keberhasilan yang ditentukan adalah 75% siswa mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) dengan nilai minimal 76,00. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divison (STAD) mampu meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI TKR 3 pada mata pelajaran PMKR di SMK N 2 Yogyakarta. Rata – rata hasil belajar siswa meningkat dari data sebelum tindakan 59,58 menjadi 88,52 pada siklus II. Apabila melihat ketuntasannya dari data awal presentase ketuntasan siswa 3,20% meningkat menjadi 90,30%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Student Teams Achievement Divison (STAD), PMKR, SMK N 2 Yogyakarta
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 14 Oct 2019 02:13
Last Modified: 14 Oct 2019 02:13
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66119

Actions (login required)

View Item View Item