Model Evaluasi Pembelajaran Program Kejar Paket C.

Junanto, Subar and Retnowati, Tri Hartiti (2019) Model Evaluasi Pembelajaran Program Kejar Paket C. S3 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
Cover.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
Bab I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (131kB)
[img] Text
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (433kB)
[img] Text
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (328kB)
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (914kB)
[img] Text
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (160kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (245kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: 1) Menghasilkan model evaluasi yang digunakan untuk mengevaluasi pembelajaran program Kejar Paket C dan panduan pendukungnya. 2) Mengetahui kelayakan model evaluasi pembelajaran program Kejar Paket C yang dikembangkan. 3) Mengetahui efektivitas model evaluasi pembelajaran program Kejar Paket C yang dikembangkan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini adalah kuantitatif dan kualitatif. Penelitian pengembangan ini terdiri dari sembilan tahap kegiatan, yaitu: pengumpulan informasi, perencanaan, pengembangan produk awal, penilaian para pakar, revisi pada produk utama, pengujian lapangan utama, revisi produk operasional, pengujian lapangan operasional, revisi produk akhir, dan diseminasi. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan penilaian diri dengan responden 252 di sembilan program Kejar Paket C di wilayah Kabupaten Sragen. Validasi instrumen menggunakan content validity melalui Delphi dan validasi konstruk menggunakan exploratory factor analysis (EFA) dan confirmatory factor analysis (CFA). Estimasi reliabilitas instrumen menggunakan formula Alpha Cronbach. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut 1) Penelitian ini telah menghasilkan model Evaluasi Pembelajaran Program Kejar Paket C (EPPKC) dengan komponen prosedur evaluasi, instrumen, dan panduan evaluasi. 2) Model EPPKC ini telah memenuhi kelayakan dengan kriteria (a) memiliki format baik (rata-rata 79,5), (b) telah memenuhi substansi model evaluasi (rata-rata 79,8), (c) memiliki tingkat validitas konstruk yang dapat diandalkan, (d) memiliki tingkat reliabilitas yang tinggi. 3) Model EPPKC memiliki keefektifan yang “sangat baik” dan telah memenuhi standar sebagai sebuah alat yang dapat digunakan untuk mengevaluasi pembelajaran Program Kejar Paket C.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: model evaluasi pembelajaran, program Kejar Paket C
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 09 Oct 2019 04:32
Last Modified: 26 Oct 2021 07:08
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66093

Actions (login required)

View Item View Item