Pengintegrasian Nilai-Nilai Luhur Tamansiswa di Sekolah Tamansiswa: Suatu Pendekatan Fenomenologi.

Retnaningsih, Rahayu and Marsigit, Marsigit (2019) Pengintegrasian Nilai-Nilai Luhur Tamansiswa di Sekolah Tamansiswa: Suatu Pendekatan Fenomenologi. S3 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
Cover.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
Bab I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (289kB)
[img] Text
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (640kB)
[img] Text
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (329kB)
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (109kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (262kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Perguruan Tamansiswa lebih menekankan pada aspek mendidik siswa agar siswa memiliki budi pekerti luhur, menganut asas kerakyatan, dan menjunjung tinggi rasa kebangsaan untuk mendukung pembangunan nasional dengan pendidikan dan kebudayaan. Proses kegiatan pembelajaran di Sekolah Tamansiswa harus mengimplementasikan dan mengintegerasikan nilai-nilai luhur Tamansiswa melalui sistem Among berdasarkan Asah, Asih, dan Asuh. Kegiatan penelitian ini diharapkan dapat mendiskripsikan pengintegrasian nilai-nilai luhur Tamansiswa dalam pembelajaran melalui perspektif fenomenologi. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pengalaman empiris pamong dalam mengintegrasikan nilai-nilai luhur Tamansiswa dalam pembelajaran di Sekolah Tamansiswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan Fenomenologi. Alasan pemilihan pendekatan ini karena permasalahan yang diteliti, memfokuskan pada pengalaman sehari-hari partisipan dalam mengintegrasikan nilai-nilai luhur Tamansiswa sebagai dasar pendidikan karakter di Sekolah Tamansiswa. Metode penelitian ini disusun sebagai berikut: (1) jenis penelitian dan pendekatan metodologi, (2) waktu dan tempat penelitian, (3) sumber data, (4) teknik pengumpulan data dan instrumen yang digunakan, (5) analisis data dan representasi (6) kriteria kepercayaan dan keaslian, dan (7) reflektivitas peneliti. Hasil penelitian yang diperoleh, bahwa: (1) Pandangan Pamong tentang pengintegrasian nilai-nilai luhur Tamansiswa bahwa secara faktual proses pengintegrasian nilai-nilai luhur dan ajaran hidup Tamansiswa tetap dilestarikan dalam setiap pembelajaran di perguruan Tamansiswa. (2) Pamong secara konsisten telah melakukan proses internalisasi ajaran hidup Tamansiswa sebagai dasar filosofi mengimplementasikan nilai-nilai luhur Tamansiswa melalui sistem pembelajaran. (3) Pengaruh pengintegrasian nilai-nilai luhur Tamansiswa sangat signifikan yang digambarkan dalam pembelajaran secara kontinyu dan meyakinkan bahwa konsep Tri-Nga dan Tri-Na diintegrasikan sebagai nilai-nilai luhur Tamansiswa ke dalam pembelajaran. Akan tetapi terdapat hambatan yaitu kuatnya pengaruh budaya asing yang berada di sekeliling siswa dalam kehidupan sosialnya. (4) Strategi efektif pembelajaran dapat dilakukan pada setiap proses pembelajaran sebagai penguat pendidikan karakter secara sinergitas dengan dukungan semua pihak.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: pengintegrasian, nilai-nilai luhur Tamansiswa, dan fenomenologi.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 09 Oct 2019 03:12
Last Modified: 26 Oct 2021 07:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66088

Actions (login required)

View Item View Item