Dwiyono, Dwiyono and Soenarto, Soenarto (2019) Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMK Propinsi Jawa Tengah. S3 thesis, Program Pascasarjana.
Text
Cover.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
Bab I.pdf Restricted to Registered users only Download (398kB) |
|
Text
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (509kB) |
|
Text
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (902kB) |
|
Text
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (228kB) |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (329kB) |
|
Text
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan sistem evaluasi pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan yang dapat memberikan informasi yang tepat dan akurat bagi pimpinan sekolah dan guru serta bermanfaat secara optimal bagi pelaksanaan program pembelajaran pendidikan kewarganegaraan di SMK. Penelitian evaluatif ini melibatkan pakar dan praktisi pendidikan. Langkah operasional diterapkan dengan melibatkan kepala sekolah, guru, dan siswa. data dikumpulkan menggunakan teknik FGD, angket, wawancara, observasi, dan teknik dokumentasi, sedangkan keabsahan data kualitatif dilakukan dengan teknik triangulasi sumber, teori, dan metode, sedangkan metode penelitian mengacu pada konteks, input, proses dan produk. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. 1) konteks mencakup konsep, pengembangan potensi,karakter dan terwujudnya warga negara yang cerdas dan baik. 2) Input mecakup tenaga kependidkan, siswa dan kurikulim. 3) proses terdiri dari tujuh komponen, yakni: kinerja guru, materi pelajaran, metode pembelajaran, sarana pembelajaran, suasana pembelajaran, sikap siswa, dan motivasi belajar. 4) Produk berupa kompetensi yang berdimensi sikap, pengetahuan dan ketrampilan. Dimensi sikap mencakup kualifikasi: memiliki perilaku yang berim an, berakhlak mulia berilmu, percaya diri dan bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia. Dimensi pengetahuan memiliki pengetahuan faktual, konseptual, procedural dan meta kognitif dalam ilmu pengetahuan teknologi seni dan budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan. Dimensi ketrampilan: memiliki kemampuan pikir dan tindak yang efektif dan kreatif
Item Type: | Thesis (S3) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Evaluasi, Pembelajaran pendidikan kewarganegaraan, Sekolah menengah kejuruan |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 09 Oct 2019 01:49 |
Last Modified: | 26 Oct 2021 06:55 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66085 |
Actions (login required)
View Item |