Praksis Sekolah Menengah Kejuruan Agribisnis Peternakan Berbasis Modal Sosial (Studi Kasus di SMK Nurul Huda Panumbangan-Ciamis.

Iswanti, Sri and Soenarto, Soenarto (2019) Praksis Sekolah Menengah Kejuruan Agribisnis Peternakan Berbasis Modal Sosial (Studi Kasus di SMK Nurul Huda Panumbangan-Ciamis. S3 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
Cover.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
Bab I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (436kB)
[img] Text
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (370kB)
[img] Text
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (363kB)
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (424kB)
[img] Text
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (154kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk: (1) mengidentifikasi modal sosial apa saja yang terdapat di masyarakat yang dapat dimanfaatkan oleh SMK Nurul Huda Panumbangan-Ciamis. (2) menemukan praksis sekolah kejuruan berbasis modal sosial di SMK Nurul Huda-Panumbangan-Ciamis. (3) mendeskripsikan dampak pemanfatan modal sosial di SMK Nurul Huda Panumbangan Kabupaten Ciamis. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subyek penelitian ditentukan menggunakan Purposive Sampling, yang terdiri dari pengurus yayasan, pemilik industri peternakan, kepala sekolah, guru, karyawan, siswa, orang tua siswa, alumni, dan masyarakat sekitar. Data dikumpulkan dengan teknik observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Analisis data menggunakan Interactive Model Analysis dari Miles dan Hubermen. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Modal sosial yang dapat dimanfaatkan oleh SMK Nurul Huda Panumbangan Ciamis adalah kepercayaan, nilai dan norma yang meliputi nilai agama, nilai sosial budaya masyarakat, dan nilai-nilai yang terdapat dalam peraturan-peraturan pemerintah yang berhubungan dengan persekolahan. (2) Praksis pemanfaatan modal sosial di SMK Nurul Huda Panumbangan digunakan untuk kegiatan yang berhubungan dengan pembelajaran dan penyaluran lulusan. (3) Pemanfaatan modal sosial di SMK Nurul Huda memberikan dampak pada pembelajaran, terutama pembelajaran praktik yang dilakukan di industri peternakan tradisional dan modern, serta penyaluran lulusan di industri-industri peternakan yang ada di Kabupaten Ciamis, industri pakan dan obat-obatan unggas yang ada di Jawa Barat. Hal ini menunjukkan bahwa SMK yang dikelola dengan memanfaatkan modal sosial mampu menghasilkan lulusan yang kompeten dan mudah terserap dalam bidang kerja yang sesuai dengan kompetensinya.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: Modal Sosial, Nilai Sosial Budaya
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 14 Oct 2019 01:42
Last Modified: 28 May 2021 05:48
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66080

Actions (login required)

View Item View Item