Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Melaksanakan Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar Kota Semarang.

Indarti, Indarti and Suyanto, Suyanto (2019) Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Melaksanakan Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar Kota Semarang. S3 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
Cover.pdf
Restricted to Registered users only

Download (661kB)
[img] Text
Bab I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (223kB)
[img] Text
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (640kB)
[img] Text
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (702kB)
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (633kB)
[img] Text
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (78kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (411kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gaya kepemimpinan, kemampuan-kemampuan yang perlu dikuasai oleh kepala sekolah, dan strategi yang perlu diterapkan oleh kepala sekolah dalam melaksanakan pendidikan karakter di Sekolah Dasar Kota Semarang. Penelitian ini menggunakan metode kombinasi (mixed method) dengan desain urutan penemuan (sequential exploratory). Metode pertama menggunakan metode kualitatif dan metode kedua menggunakan metode kuantitatif. Subyek penelitian adalah kepala sekolah, guru, dan tenaga kependidikan. Instrumen penelitian terdiri dari panduan wawancara, panduan observasi, panduan penelusuran dokumen, dan angket. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, penelusuran dokumen, dan angket. Keabsahan data kualitatif dilakukan dengan triangulasi data, sumber, dan metode. Analisis data kualitatif dilakukan dengan 1) melakukan pengamatan, identifikasi, dan recek terhadap data, 2) melakukan kategorisasi terhadap informasi yang diperoleh, 3) menelusuri dan menjelaskan kategorisasi, 4) menjelaskan hubungan kategorisasi, 5) membangun atau menjelaskan teori, 6) menarik kesimpulan. Hasil temuan metode kualitatif selanjutnya diuji dengan metode kuantitatif yang didahului oleh uji prasyarat analisa data. Uji hipotesis menggunakan uji t dan koefisiensi determinasi R. Hasil penelitian kualitatif menunjukkan bahwa untuk mencapai keberhasilan dalam melaksanakan pendidikan karakter dapat disimpulkan bahwa: 1) gaya kepemipinan kepala sekolah dalam melaksanakan pendidikan karakter menerapkan gaya kepemimpinan kontingensi, yang memungkinkan kepala sekolah mengakomodasi adanya perbedaaan di lingkungan sekolah dan menerapkan berbagai gaya kepemimpinan yang sesuai untuk situasi tertentu; 2) kemampuan- kemampuan yang perlu dikuasai kepala sekolah adalah: a) keteladanan, keterbukaan, dan keterlibatan; b) kemampuan berkomunikasi; c) kemampuan memotivasi; d) kemampuan mengatasi konflik; dan e) kemampuan menjelaskan tugas-tugas; dan 3) strategi yang perlu dikembangkan kepala sekolah dalam melaksanakan pendidikan karakter adalah: a) desain program; b) implementasi program; dan c) penilaian dan evaluasi program. Hasil penelitian kualitatif diperkuat dan diperdalam dengan hasil penelitian kuantitatif yang menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kemampuan-kemampuan yang harus dimiliki oleh kepala sekolah secara bersama-sama terhadap pelaksanaan pendidikan karakter sebesar 0,778.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: kepemimpinan, pendidikan karakter
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 07 Oct 2019 08:14
Last Modified: 31 May 2021 07:11
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66070

Actions (login required)

View Item View Item