PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PEMBUATAN RODA GIGI LURUS PADA MATA PELAJARAN TEKNIK PEMESINAN FRAIS DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN

Prasetya, Heru Try (2019) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PEMBUATAN RODA GIGI LURUS PADA MATA PELAJARAN TEKNIK PEMESINAN FRAIS DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
55. Heru Try Prasetya 13503241053 A-.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan media pembelajaran interaktif pembuatan roda gigi lurus; dan (2) mengetahui kelayakan media pembelajaran interaktif pembuatan roda gigi lurus. Jenis penelitian yang digunakan adalah R&D (Research and Development) dengan prosedur pengembangan mengadopsi dari prosedur Borg and Gall yang telah dimodifikasi meliputi tahap identifikasi, tahap desain dan pengembangan, tahap validasi, tanggapan pengguna dan hasil produk akhir. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan angket. Data hasil penelitian dianalisis secara deskriptif kuantitatif yang disajikan dalam bentuk tabel dan grafik. Hasil penelitian diperoleh: (1) telah dihasilkan media pembelajaran interaktif pembuatan roda gigi lurus dengan format .exe dan memiliki ukuran sebesar 284 MB sehingga dapat digunakan pada komputer dengan spesifikasi rendah sekalipun. Media pembelajaran interaktif dilengkapi dengan gambar, video, audio dan animasi yang membuat penyajian materi lebih menarik dan mudah dipahami. Media pembelajaran interaktif pembuatan roda gigi lurus memiliki latihan soal yang digunakan untuk menguji pemahaman siswa terhadap materi yang diajarkan; (2) kelayakan media pembelajaran interaktif pembuatan roda gigi lurus berdasarkan penilaian ahli media mendapatkan skor 3,24 dengan persentase 81% termasuk dalam kategori sangat baik, penilaian ahli materi mendapatkan skor 2,9 dengan persentase 72,5% termasuk dalam kategori baik, penilaian guru pengampu mendapatkan skor 3,84 dengan persentase 96,11% termasuk dalam kategori sangat baik dan penilaian siswa mendapatkan skor 3,30 dengan persentase 82,64% termasuk dalam kategori sangat baik.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran, Roda Gigi Lurus, Research and Development
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mesin
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 01 Oct 2019 06:10
Last Modified: 01 Oct 2019 06:10
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66045

Actions (login required)

View Item View Item