PENGARUH PENAMBAHAN SERBUK BAN BEKAS KENDARAAN PADA LASTON TERHADAP KARAKTERISTIK MARSHALL

Rhimadani, Ardelina Ayu (2019) PENGARUH PENAMBAHAN SERBUK BAN BEKAS KENDARAAN PADA LASTON TERHADAP KARAKTERISTIK MARSHALL. D3 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
26. Ardelina Ayu Rhimadani 16510134016 A.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Seiring dengan banyaknya kerusakan jalan yang ada di Indonesia membuat perlunya peningkatan kebutuhan kualitas infrastruktur yang awet dan kuat. Maka dari itu dibutuhkan inovasi perkerasan jalan. Salah satu inovasi yang dapat dilakukan adalah dengan memanfaatkan limbah seperti serbuk ban bekas kendaraan. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui pengaruh penambahan serbuk ban bekas kendaraan terhadap karakteristik marshall (2) untuk mengetahui pengaruh persentase serbuk ban bekas kendaraan pada campuran lapis aspal beton (laston) terhadap karakteristik marshall (3) untuk mengetahui kesesuaian hasil dari pengujian sesuai dengan persyaratan Bina Marga 2010. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan bahan tambah serbuk ban bekas kendaraan dengan kadar yang berbeda, yaitu: 0%, 2%, 4%, dan 6%. Serbuk ban yang digunakan adalah serbuk ban yang diperoleh dari hasil vulkanisir dan kemudian diayak lolos mesh #60. Masing-masing variasi kadar serbuk ban bekas kendaraan dibuat 3 sampel benda uji dengan total 12 benda uji. Pembuatan benda uji menggunakan campuran AC-BC kemudian diuji dengan menggunakan metode marshall untuk mendapatkan nilai kepadatan, VIM, VMA, VFA, flow, stabilitas, dan MQ. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) penambahan serbuk ban bekas kendaraan mempengaruhi nilai karakteristik marshall (2) dari pengujian kepadatan, stabilitas, dan flow diperoleh nilai tertinggi pada kadar 2%, dari pengujian VIM, VMA, dan MQ diperoleh nilai tertinggi pada kadar 0%, semakin tinggi kadar serbuk ban bekas kendaraan, maka nilai VIM, VMA, dan MQ semakin rendah, ari pengujian VFA diperoleh nilai tertinggi pada kadar 6%, semakin tinggi kadar serbuk ban bekas kendaraan, maka nilai VFA semakin tinggi juga (3) nilai VMA, stabilitas, flow, dan MQ telah memenuhi persyaratan Bina Marga 2010, namun untuk persyaratan lain yang tidak memenuhi yaitu VIM dan VFA.

Item Type: Thesis (D3)
Uncontrolled Keywords: aspal, ban bekas, karakteristik marshall
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Sipil dan Perencanaan
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Diploma 3 (D3) > D3 Teknik Sipil
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 01 Oct 2019 04:44
Last Modified: 01 Oct 2019 04:44
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66043

Actions (login required)

View Item View Item