Efektifitas Teknik Modeling terhadap Peningkatan Efikasi Diri dan Kedisiplinan Belajar pada Siswa Kelas VIII MTs Negeri 9 Sleman

Puri, Lintang Waskita and Astuti, Budi (2019) Efektifitas Teknik Modeling terhadap Peningkatan Efikasi Diri dan Kedisiplinan Belajar pada Siswa Kelas VIII MTs Negeri 9 Sleman. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
Cover.pdf
Restricted to Registered users only

Download (986kB)
[img] Text
Bab I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (128kB)
[img] Text
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (464kB)
[img] Text
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (363kB)
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (475kB)
[img] Text
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (67kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (263kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkapkan keefektifan teknik modeling terhadap: (1) peningkatan efikasi diri dan (2) peningkatan kedisiplinan belajar siswa kelas VIII MTs Negeri 9 Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan yaitu quasi experiment. Bentuk desain yang digunakan adalah non-equivalent control group design. Sampel yang digunakan sebanyak 12 siswa yang ditetapkan dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah skala efikasi diri dan skala kedisiplinan belajar. Uji reliabilitas instrumen dalam penelitian ini menggunakan rumus Alpha Cronbach. Hasil uji dengan rumus Alpha Cronbach adalah koefisien reliabilitas pada skala efikasi diri sebesar 0,867 dan pada skala kedisiplinan belajar sebesar 0,838. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik non-parametrik dengan uji Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) teknik modeling efektif terhadap peningkatan efikasi diri siswa kelas VIII (sign = 0,027< 0,05); (2) teknik modeling efektif terhadap kedisiplinan belajar siswa kelas VIII (sign = 0,027< 0,05). Berdasarkan hasil perhitungan dapat disimpulkan bahwa penggunaan teknik modeling efektif terhadap peningkatan efikasi diri dan kedisiplinan belajar siswa kelas VIII MTs Negeri 9 Sleman.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: efikasi diri, kedisiplinan belajar, teknik modeling
Subjects: Pendidikan > Bimbingan
Pendidikan > Konseling
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 30 Sep 2019 04:34
Last Modified: 16 Dec 2021 03:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66026

Actions (login required)

View Item View Item