PROSES PEMBELAJARAN DI KELOMPOK B TK ABA KANGGOTAN PLERET BANTUL

Nur Lisa, Novia (2019) PROSES PEMBELAJARAN DI KELOMPOK B TK ABA KANGGOTAN PLERET BANTUL. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Naskah Skripsi Novia Nur Lisa_15111241057.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Pelaksanaan proses pembelajaran menjadi hal yang paling penting bagi berjalannya sebuah lembaga pendidikan. Memperhatikan pelaksanaan pembelajaran mulai dari kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan penutup maka dapat membantu pemenuhan tingkat pencapaian perkembangan yang sesuai dengan tingkat usia anak. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mengenai proses pembelajaran di Kelompok B TK ABA Kanggotan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subjek penelitian ini meliputi guru Kelompok B dan pengawas TK. Objek penelitian yaitu proses pembelajaran Kelompok B yang menunjukkan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model interaktif Miles dan Huberman yang meliputi pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan oleh guru kelompok B jika dilihat pada beberapa rangkaian kegiatan dalam kegiatan pembukaan dan kegiatan penutup sudah dilaksanakan sesuai dengan peraturan mengenai beberapa hal yang harus dilakukan pada kegiatan pembuka dan kegiatan penutup, namun dalam kegiatan inti belum dapat menerapkan secara maksimal pada pendekatan saintifik 5M. (2) Pelaksanaan belajar mengajar di Kelompok B di TK ABA Kanggotan terdapat 6 prinsip yang sudah sesuai dan terdapat 8 prinsip yang belum sesuai dengan dengan prinsip-prinsip PAUD menurut Direktorat Pembinaan PAUD Tahun 2013. (3) Pendekatan saintifik yang sudah diterapkan pada pelaksanaan pembelajaran di Kelompok B TK ABA Kanggotan adalah pelaksanaan belajar mengajar menggunakan pendekatan saintifik mengumpulkan informasi. Sedangkan pendekatan saintifik yang belum dilaksanakan secara maksimal pada pelaksanaan pembelajaran adalah pendekatan saintifik mengamati, menanya, menalar, dan mengomunikasikan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Proses Pembelajaran, Taman Kanak-kanak
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 30 Sep 2019 02:24
Last Modified: 30 Sep 2019 03:14
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66021

Actions (login required)

View Item View Item