Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Model Guided Discovery Learning (GDL) berbantuan web-based simulation untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Literasi Digital Peserta Didik.

Perdana, Riki and Jumadi, Jumadi (2019) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Model Guided Discovery Learning (GDL) berbantuan web-based simulation untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Literasi Digital Peserta Didik. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab I.pdf

Download (292kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab II.pdf

Download (468kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab III.pdf

Download (524kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab IV.pdf

Download (824kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab V.pdf

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (532kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) Menghasilkan perangkat pembelajaran model GDL berbantuan web-based simulation yang layak digunakan dalam pembelajaran fisika; (2) Menguji efektivitas perangkat pembelajaran model GDL berbantuan web-based simulation terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik; (3) Menghasilkan perangkat pembelajaran model GDL berbantuan web- based simulation yang efektif terhadap peningkatan kemampuan literasi digital peserta didik; dan (4) Memahami perbedaan efektivitas perangkat pembelajaran model GDL berbantuan web-based simulation dengan model konvensional terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis dan literasi digital peserta didik. Desain penelitian ini adalah R & D dengan model ADDIE yang mengacu pada Branch. Penelitian ini merupakan pengembangan dengan model ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implement, dan Evaluate). (1) Analysis, terdiri dari studi pendahuluan, analisis kebutuahan, analisis peserta didik, analisis materi, dan spesifikasi perangkat pembelajaran (2) Design, berkaitan dengan pemilihan format dan desain awal perangkat pembelajaran hingga dihasilkan draft perangkat pembelajaran, (3) Develop, berkaitan dengan tahap revisi perangkat pembelajaran berdasarkan kritik dan saran dari validator lalu dilakukan uji coba terbatas, (4) Implement, merupakan tahap perangkat pembelajaran diterapkan di lapangan, MAN 1 Yogyakarta (5) Evaluate, merupakan tahap perangkat pembelajaran yang dikembangkan lalu dievaluasi secara keseluruhan dari tahap analisis hingga implementasi. Subjek dalam penelitian ini adalah 30 peserta didik kelas XI MAN 1 Yogyakarta. Produk yang dikembangkan meliputi RPP dan LKPD, lembar validasi dan kelayakan produk, angket keterbacaan LKPD, dan angket respon peserta didik terhadap pembelajaran. Instrumen yang dikembangkan adalah instrumen kemampuan berpikir kritis dan literasi digital berupa soal uraian. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis inferensial. Analisis inferensial menggunakan uji MANOVA dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian ini adalah: (1) Perangkat pembelajaran model GDL berbantuan web-based simulation yang dikembangkan layak digunakan dalam pembelajaran fisika; (2) Perangkat pembelajaran model GDL berbantuan web- based simulation yang dikembangkan efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik; (3) Perangkat pembelajaran model GDL berbantuan web-based simulation yang dikembangkan efektif untuk meningkatkan kemampuan literasi digital peserta didik; dan (4) Terdapat perbedaan efektivitas penggunaan model GDL berbantuan web-based simulation dengan model direct instruction terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis dan literasi digital peserta didik.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Perangkat pembelajaran, Model GDL, web-based simulation, berpikir kritis, literasi digital
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Fisika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 27 Sep 2019 03:01
Last Modified: 27 Sep 2019 03:01
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66013

Actions (login required)

View Item View Item