PENGARUH LATIHAN DRILL SHOOTING MENGGUNAKAN SHOTLOC TERHADAP KETERAMPILAN SHOOTING FREE THROW DALAM PERMAINAN BOLA BASKET

Sakti, Sigit Untoro (2019) PENGARUH LATIHAN DRILL SHOOTING MENGGUNAKAN SHOTLOC TERHADAP KETERAMPILAN SHOOTING FREE THROW DALAM PERMAINAN BOLA BASKET. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
Skripsi-pengesahan.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh latihan drill shooting dengan menggunakan alat shotloc terhadap keterampilan shooting free throw pada permainan bola basket SMKN 5 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian semu, dengan desain penelitian “two grup pre-test post-test design”yaitu membagi menjadi dua kelompok dengan ordinal pairing. Kelompok eksperimen A dengan perlakuan latihan drill shooting dengan shotloc dan kelompok eksperimen B latihan drill shooting tanpa shotloc. Populasi dalam penelitian ini adalah pemain bola basket putra SMK N 5 Yogyakarta sebanyak 20 pemain. Instrumen yang digunakan adalah tes tembakan hukuman. Analisis data menggunakan uji t. Hasil analisis menunjukan : (1) Ada pengaruh latihan drill shooting menggunakan shotloc terhadap kemampuan shooting free throw pada pemain bola basket putra SMK N 5 Yogyakarta, karena t hitung : | -10,474 | > t tabel = 2.26 dan taraf signifikansi sebesar 0.000 < 0.05 dengan 2 ekor/sign (2-tailed). (2) Ada pengaruh drill shooting tanpa shotloc terhadap kemampuan shooting free throw pada pemain bola basket putra SMK N 5 Yogyakarta, karena t hitung : | -5,582 | > t tabel = 2.26 dan taraf signifikansi sebesar 0.000 < 0.05 dengan 2 ekor/sign (2-tailed). (3) Latihan drill shooting menggunakan shotloc memberikan peningkatan yang signifikan terhadap kemampuan shooting free throw atlet bola basket putra SMK N 5 Yogyakarta, dilihat dari hasil rerata pretest diperoleh 3,80 sedangkan pada hasil posttest meningkat menjadi 6,70 dengan hasil tersebut diperoleh peningkatan rerata sebesar 2,90 (43%). Sedangkan hasil peningkatan latihan drill shooting tanpa shotloc diperoleh pretest 3,50 dengan hasil posttest meningkat menjadi 5,0 dan hasil tersebut diperoleh peningkatan sebesar 1,50 (30%).

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Drill shooting dengan shotloc, keterampilan shooting free throw, Atlet Bola Basket Putra SMK N 5 Yogyakarta.
Subjects: Olahraga
Olahraga > Kepelatihan
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kepelatihan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 26 Sep 2019 03:20
Last Modified: 26 Sep 2019 03:20
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66007

Actions (login required)

View Item View Item