Agustina, Linda (2019) PENERAPAN METODE PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR KEAMANAN PANGAN PADA SISWA KELAS X BOGA DI SMK NEGERI 2 GODEAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
1. Cover.pdf Download (535kB) | Preview |
|
|
Text
2. Abstrak.pdf Download (158kB) | Preview |
|
|
Text
3. BAB I.pdf Download (209kB) | Preview |
|
|
Text
4. BAB II.pdf Download (432kB) | Preview |
|
|
Text
5. BAB III.pdf Download (333kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB IV.pdf Download (474kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB V.pdf Download (179kB) | Preview |
|
|
Text
8. Daftar Pustaka.pdf Download (141kB) | Preview |
|
|
Text
9. Lampiran.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Pada bidang pendidikan membutuhkan inovasi metode pembelajaran, antara lain dengan metode problem based learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) penerapan metode problem based learning dalan mata pelajaran keamanan pangan pada siswa kelas X Tata Boga, (2) perubahan minat belajar siswa kelas X Tata Boga pada mata pelajaran keamanan pangan menggunakan metode problem based learning, dan (3) perubahan hasil belajar siswa kelas X Tata Boga pada mata pelajaran Keamanan Pangan di SMK N 2 Godean. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam tahap pra siklus, siklus I dan siklus II. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas X Tata Boga SMK N 2 Godean sebanyak 32 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes tertulis, angket, dan observasi. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan: (1) penerapan metode problem based learning pada mata pelajaran keamanan pangan pada pra siklus terdiri dari kegiatan pendahuluan, inti materi pertolongan pertama pada kecelakaan kerja dan metode ceramah, penutup. Siklus I meliputi pendahuluan, inti dengan materi pertolongan pertama pada kecelakaan kerja dan metode problem based learning, penutup. Siklus II meliputi pendahuluan, inti dengan materi kesehatan kerja dan metode problem based learning, penutup (2) metode problem based learning dapat meningkatkan minat belajar siswa, dari 70,5% pada pra siklus menjadi 79,83% pada siklus I dan naik menjadi 93, 43% pada siklus II. (3) Metode problem based learning meningkatkan hasil belajar siswa, dari 70,58 pada pra siklus menjadi 79,83 pada siklus I dan naik menjadi 94,43 pada siklus II. Jumlah siswa yang tidak tuntas dari 32 atau 100% dari total siswa pada pra siklus menjadi 19 atau 58,38% pada siklus I dan 0% pada siklus II.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | problem based learning, minat belajar, hasil belajar, mata pelajaran keamanan pangan, siswa SMK |
Subjects: | Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Boga |
Depositing User: | Perpustakaan FT |
Date Deposited: | 24 Sep 2019 08:22 |
Last Modified: | 24 Sep 2019 08:22 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65996 |
Actions (login required)
View Item |