Pengembangan Instrumen Penilaian Literasi Digital Mahasiswa Calon Pendidik Universitas Negeri di Daerah Istimewa Yogyakarta.

Kantona, Hari and Munadi, Sudji (2024) Pengembangan Instrumen Penilaian Literasi Digital Mahasiswa Calon Pendidik Universitas Negeri di Daerah Istimewa Yogyakarta. S2 thesis, Sekolah Program Pascasarjana.

[img] Text
tesis_hari kantona_21701251004.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menghasilkan instrumen penilaian keterampilan literasi digital mahasiswa calon pendidik, (2) mendeskripsikan kualitas instrumen penilaian keterampilan literasi digital mahasiswa calon pendidik yang telah dikembangkan, dan (3) mendeskripsikan potret keterampilan literasi digital mahasiswa calon pendidik berdasarkan hasil pengukuran instrumen yang telah dikembangkan. Penelitian pengembangan ini dilaksanakan melalui 10 tahapan: (1) menentukan spesifikasi instrumen, (2) menulis instrumen, (3) menentukan skala instrumen, (4) menentukan sistem penskoran, (5) menelaah instrumen, (6) melakukan uji coba skala terbatas, (7) menganalisis instrumen, (8) merakit instrumen, (9) melaksanakan uji coba skala luas dan (10) menafsirkan hasil pengukuran. Instrumen dikembangkan melalui studi terhadap teori yang berkaitan dengan literasi digital serta konteks dan konten yang sesuai dengan mahasiswa calon pendidik. Uji coba terbatas melibatkan 10 mahasiswa calon pendidik dari Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta untuk menguji keterbacaan instrumen, kejelasan kalimat, dan kecukupan waktu pengerjaan instrumen. Uji coba skala luas melibatkan 262 mahasiswa calon pendidik yang telah mengambil mata kuliah pengajaran mikro yang tersebar di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) dan Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta. Validitas konstruk dibuktikan melalui confirmatory factor analysis (CFA), sementara informasi karakteristik butir dan potret keterampilan literasi digital mahasiswa calon pendidik didasarkan pada hasil estimasi menggunakan pendekatan item response theory (IRT) dengan graded respons model (GRM). Estimasi reliabilitas instrumen dibuktikan berdasarkan pada hasil estimasi dengan koefisien reliabilitas Alpha- Cronbach. Studi pengembangan ini menghasilkan tiga temuan utama. (1) Konstruksi instrumen dikembangkan berdasarkan tujuh aspek dengan 35 butir pernyataan, tujuh butir untuk aspek information literacy, enam butir untuk aspek digital scholarship, tiga butir untuk aspek learning skills, tiga butir untuk aspek ICT literacy, tujuh butir untuk aspek career and identy management, empat butir untuk aspek communication and collaboration, dan lima butir untuk aspek media literacy. (2) Kualitas instrumen yang dikembangkan teruji melalui uji validitas isi menggunakan Aiken’s V, uji validitas konstruk dengan CFA, dan analisis karakteristik butir melalui IRT model GRM. (3) Potret pengukuran keterampilan literasi digital mahasiswa calon pendidik universitas negeri di Daerah Istimewa Yogyakarta yaitu 9% terkategori sangat baik, 19% terkategori baik, 38% terkategori cukup, 30% terkategori kurang, dan 4% terkategori sangat kurang.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: instrumen, literasi digital, mahasiswa calon pendidik
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 26 Nov 2024 06:41
Last Modified: 26 Nov 2024 06:41
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65986

Actions (login required)

View Item View Item