Model Pembelajaran Ajak-Temani-Mandiri sebagai Aktualisasi Ajaran Tamansiswa dalam Pembelajaran IPA untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar.

Nisa, Ana Fitrotun and Prasetyo, Zuhdan Kun (2019) Model Pembelajaran Ajak-Temani-Mandiri sebagai Aktualisasi Ajaran Tamansiswa dalam Pembelajaran IPA untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. S3 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
Cover.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
Bab I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (283kB)
[img] Text
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (654kB)
[img] Text
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (383kB)
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (139kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (177kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan karakteristik model pembelajaran ajak, temani, mandiri (MPATM) sebagai aktualisasi dari ajaran Tamansiswa dalam pembelajaran IPA untuk meningkatkan hasil belajar siswa SD. (2) menghasilkan MPATM yang layak sebagai aktualisasi dari ajaran Tamansiswa dalam pembelajaran IPA untuk meningkatkan hasil belajar siswa Sekolah Dasar, dan (3) menghasilkan MPATM yang efektif sebagai aktualisasi dari ajaran Tamansiswa dalam pembelajaran IPA untuk meningkatkan hasil belajar siswa SD. Jenis penelitian ini merupakan penelitian research and development, dengan prosedur pengembangan Borg & Gall. Subjek coba pada penelitian antara lain yaitu para pakar (expert judgement), praktisi (kepala sekolah dan guru), serta siswa kelas V SD di Kota Yogyakarta. Data dalam penelitian ini berupa data kualitatif dan kuantitatif yang terdiri dari data need assessment yang diperoleh dengan angket, wawancara dan observasi; data validasi model dengan lembar validasi skala 5, data keterlaksanaan model dengan lembar observasi, dan data keefektifan model pembelajaran dengan lembar observasi, angket, soal tes pengetahuan dan lembar penilaian sikap dan keterampilan. Data yang diperoleh kemudian dianalisis secara deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian ini adalah 1) aktualisasi ajaran Tamansiswa dalam bentuk MPATM dengan karakteristik memiliki lima bagian, yaitu pendahuluan, landasan teori, tujuan dan asumsi pengembangan model pembelajaran, sintaks pembelajaran, dan management classroom. MPATM memiliki tiga fase yaitu fase ajak, temani dan mandiri. 2) Model yang dikembangkan layak untuk digunakan berdasarkan validasi yang telah dilakukan oleh ahli/praktisi dengan kualitas validasi telah memenuhi kriteria valid. 3) Model pembelajaran yang dikembangkan efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar aspek sikap, pengetahuan dan keterampilan siswa dalam pembelajaran IPA kurikulum 2013 SD. Hasil belajar aspek sikap, pengetahuan dan keterampilan siswa dalam pembelajaran IPA terus meningkat setiap pertemuannya dan lebih baik setelah pembelajaran yang dilakukan menggunakan MPATM berbasis ajaran Tamansiswa yang dikembangkan.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: Ajaran Tamansiswa, Pembelajaran IPA, Hasil Belajar, dan Sekolah Dasar
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 24 Sep 2019 03:44
Last Modified: 28 May 2021 05:56
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65985

Actions (login required)

View Item View Item