PENGEMBANGAN MEDIA KARTU KWARTET UNTUK MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL KELAS 3SD

Aries K., Damay (2012) PENGEMBANGAN MEDIA KARTU KWARTET UNTUK MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL KELAS 3SD. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Abstrak_FIP_KTP_Damay Aries K._06105244004.pdf

Download (114kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media kartu kwartet seri denah dan peta yang layak untuk mempermudah peserta didik dalam menghafal dan memahami kelengkapan peta pada pokok bahasan komponen denah dan peta mata pelajara Ilmu Pengetahuan Sosial kelas 3 Sekolah Dasar. Penelitian ini termasuk jenis penelitian pengembangan yang mengacu pada pengembangan Borg dan Gall. Dari 10 langkah yang dikemukakan oleh Borg dan Gall, peneliti hanya mengikuti langkah sampai pada nomor sembilan belum sampai pada tahap produksi massal. Subjek dalam penelitian ini adalah satu dosen KTP FIP, dan peserta didik tingkat sekolah dasar. Metode yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah pengamatan langsung, wawancara, dan angket. Adapun metode yang digunakan dalam menganalisis data adalah metode deskriptif kuantitatif. Hasil pengembangan peneliti berupa media kartu kwartet pokok bahasan denah dan peta yang terdiri dari 7 kelompok kartu. Hasil validasi yang dilaksanakan oleh ahli media, segi fisik mendapatkan persentase 91,7% yang masuk dalam kategori sangat layak. segi gambar mendapatkan persentase 66,7% yang masuk dalam kategori layak. segi warna mendapatkan persentase sebesar 100% dan masuk dalam kategori sangat layak. segi tulisan dan pemakaian, oleh ahli media diberikan persentase 66,7% yang masuk dalam kategori layak. Validasi yang dilakukan oleh ahli materi, secara keseluruhan mendapatkan persentase 87,5%. Validasi per aspek dari ahli materi, pada segi isi mendapatkan presentase 86,7% yang masuk dalam kategori sangat layak. Pada segi pembelajaran mendapatkan persentase 88,9%. Dalam ujicoba dari kelompok kecil, utama, dan operasional dalam segi pembelajaran didapati kenaikan persentase dari 62,5% oleh kelompok awal, 70% dalam kelompok utama dan yang terakhir mendapatkan persentase 73% dalam kelompok operasional. Dalam segi media, media ini juga mendapatkan peningkatan presentase dari 66,7% dalam kelompok awal, kemudian 69,4% dalam kelompok utama, serta 76,9% dalam kelompok operasional. Dari hasil validasi ahli media dan ahli materi serta tahap uji coba yang dilakukan, maka media kartu kwartet ini layak digunakan untuk memudahkan peserta didik memahami materi.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Pendidikan > Media Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Depositing User: admin teknologi pendidikan fip
Date Deposited: 12 Oct 2012 03:57
Last Modified: 29 Jan 2019 16:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/6598

Actions (login required)

View Item View Item