Pengaruh Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Rangkaian RLC.

Ariansyah, Dody and Soenarto, Soenarto (2019) Pengaruh Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Rangkaian RLC. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
Cover.pdf
Restricted to Registered users only

Download (18MB)
[img] Text
Bab I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (128kB)
[img] Text
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (750kB)
[img] Text
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (41kB)
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (280kB)
[img] Text
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (68kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (103kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi rangkaian RLC. Secara terperinci , penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan keefektifan pembelajaran CTL terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi rangkaian RLC, (2) mendeskripsikan peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi rangkaian RLC dengan pendekatan CTL lebih besar dibandingkan pendekatan pembelajaran tekstual. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen menggunakan pendekatan non-randomized control-group pretest posttest. Subjek penelitian adalah seluruh kelas X Program Keahlian Teknik Audio Video SMK Negeri 1 Purwosari, Gunungkidul, Yogyakarta semester genap tahun ajaran 2017/2018 yang terdiri dari dua kelas. Kedua kelas dipilih sebagai sampel penelitian. Kelas X AV1 sebagai kontrol dengan pendekatan pembelajaran tekstual dan kelas X AV2 sebagai kelas eksperimen diberi perlakuan dengan pendekatan CTL. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan berpikir pada materi rangkaian RLC dan lembar observasi untuk menilai keterlaksanaan pembelajaran. Data penelitian dianalisis menggunakan uji Mann Whitney untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kritis dan uji Wilcoxon untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan CTL lebih baik daripada pendekatan pembelajaran tekstual ditinjau dari kemampuan berpikir kritis siswa. Selain itu, pembelajaran dengan pendekatan CTL dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis lebih besar dibandingkan dengan pendekatan pembelajaran tekstual. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa pendekatan CTL berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi rangkaian RLC.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Pendekatan Contextual Teaching and Learningi (CTL), berpikir kritis, rangkaian RLC
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 23 Sep 2019 07:39
Last Modified: 31 May 2021 07:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65975

Actions (login required)

View Item View Item