PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PERAWATAN SISTEM UTAMA ENGINE DAN MEKANISME KATUP BERBASIS ADOBE FLASH DI SMK

Wibowo, Ari (2019) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PERAWATAN SISTEM UTAMA ENGINE DAN MEKANISME KATUP BERBASIS ADOBE FLASH DI SMK. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
01. COVER TAS.pdf

Download (791kB) | Preview
[img]
Preview
Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
03. BAB I.pdf

Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
Text
04. BAB II.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
05. BAB III.pdf

Download (355kB) | Preview
[img]
Preview
Text
06. BAB IV.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
07. BAB V.pdf

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text
08. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text
09. LAMPIRAN.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Tujuan akhir skripsi ini adalah: (1)menghasilkan produk media pembelajaran interaktif perawatan sistem utama engine dan mekanisme katup berbasis Adobe Flash Di Smk (2) mengetahui tingkat kelayakan media pembelajaran interaktif perawatan sistem utama engine dan mekanisme katup berbasis Adobe Flash Di Smk yang telah dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D). Secara garis besar tahap-tahap yang dilalui dalam pengembangan media pembelajaran interaktif perawatan sistem utama engine dan mekanisme katup antara lain: (1) analysis (analisis), (2) design (desain), (3) development (pengembangan), (4) implementation (implementasi) dan (5) evaluating (evaluasi). Subjek penelitian adalah 26 peserta didik SMK Ma’arif Al-Munawwir Krapyak kelas XI. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian dan pengembangan antara lain: (1) media pembelajaran interaktif perawatan sistem utama engine dan mekanisme katup berbasis Adobe Flash di SMK berbentuk program aplikasi dapat disimpan di CD maupun flashdisk, (2) hasil penilaian ahli materi adalah 72 dengan kriteria data kuantitatif sangat layak dan ahli media adalah 72 dengan kriteria kuantitatif sangat layak. Penilaian respon peserta didik uji coba kelas kecil diperoleh 90,8 % dengan kriteria sangat positif. Penilaian respon peserta didik uji coba kelas besar diperoleh 88,8 % dengan kriteria sangat positif. Berdasarkan data di atas dapat disimpulkan bahwa pengembangan media pembelajaran perawatan sistem utama engine dan mekanisme katup berbasis Adobe Flash di SMK layak digunakan sebagai bahan ajar yang dapat membantu peserta didik belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Media Interaktif, mekanisme katup
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 23 Sep 2019 04:25
Last Modified: 23 Sep 2019 04:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65972

Actions (login required)

View Item View Item