Wibowo, Ari (2019) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PERAWATAN SISTEM UTAMA ENGINE DAN MEKANISME KATUP BERBASIS ADOBE FLASH DI SMK. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
01. COVER TAS.pdf Download (791kB) | Preview |
|
|
Text
02. ABSTRAK.pdf Download (114kB) | Preview |
|
|
Text
03. BAB I.pdf Download (238kB) | Preview |
|
|
Text
04. BAB II.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
05. BAB III.pdf Download (355kB) | Preview |
|
|
Text
06. BAB IV.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
07. BAB V.pdf Download (139kB) | Preview |
|
|
Text
08. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (117kB) | Preview |
|
|
Text
09. LAMPIRAN.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
Tujuan akhir skripsi ini adalah: (1)menghasilkan produk media pembelajaran interaktif perawatan sistem utama engine dan mekanisme katup berbasis Adobe Flash Di Smk (2) mengetahui tingkat kelayakan media pembelajaran interaktif perawatan sistem utama engine dan mekanisme katup berbasis Adobe Flash Di Smk yang telah dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D). Secara garis besar tahap-tahap yang dilalui dalam pengembangan media pembelajaran interaktif perawatan sistem utama engine dan mekanisme katup antara lain: (1) analysis (analisis), (2) design (desain), (3) development (pengembangan), (4) implementation (implementasi) dan (5) evaluating (evaluasi). Subjek penelitian adalah 26 peserta didik SMK Ma’arif Al-Munawwir Krapyak kelas XI. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian dan pengembangan antara lain: (1) media pembelajaran interaktif perawatan sistem utama engine dan mekanisme katup berbasis Adobe Flash di SMK berbentuk program aplikasi dapat disimpan di CD maupun flashdisk, (2) hasil penilaian ahli materi adalah 72 dengan kriteria data kuantitatif sangat layak dan ahli media adalah 72 dengan kriteria kuantitatif sangat layak. Penilaian respon peserta didik uji coba kelas kecil diperoleh 90,8 % dengan kriteria sangat positif. Penilaian respon peserta didik uji coba kelas besar diperoleh 88,8 % dengan kriteria sangat positif. Berdasarkan data di atas dapat disimpulkan bahwa pengembangan media pembelajaran perawatan sistem utama engine dan mekanisme katup berbasis Adobe Flash di SMK layak digunakan sebagai bahan ajar yang dapat membantu peserta didik belajar.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Interaktif, mekanisme katup |
Subjects: | Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif |
Depositing User: | Perpustakaan FT |
Date Deposited: | 23 Sep 2019 04:25 |
Last Modified: | 23 Sep 2019 04:25 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65972 |
Actions (login required)
View Item |