‘PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN TEKNIK KERJA BENGKEL “Pembuatan PCB dan Teknik Soldering Desoldering” SEBAGAI BAHAN AJAR KELAS X TEKNIK AUDIO VIDEO DI SMK MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA

Widada, Fariz Budi (2019) ‘PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN TEKNIK KERJA BENGKEL “Pembuatan PCB dan Teknik Soldering Desoldering” SEBAGAI BAHAN AJAR KELAS X TEKNIK AUDIO VIDEO DI SMK MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
27. Fariz Budi Widada 11502241002 B.pdf

Download (14MB) | Preview

Abstract

Belum adanya modul pembelajaran dalam proses Pembelajaran Teknik Kerja Bengkel menyebabkan siswa SMK Muhammadiyah 3 Yogyakaerta kompetensi keahlian Teknik Audio Video kurang aktif dalam proses pembelajaran tersebut. Hal tersebut melatar belakangi peneliti untuk mengembangkan modul Pembelajaran Teknik Kerja Bengkel dengan kompetensi dasar Pembuatan PCB dan teknik Soldering Desoldering Sebagai Bahan Ajar Kelas X Teknik Audio Video di SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta serta menguji kelayakan modul pembelajaran tersebut. Pendekatan penulisan adalah penelitian pengembangan Reseach and development mengacu pada model pengembangan Borg and Gall yang sudah disederhanakan oleh Anik Ghufron dengan empat tahapan, antara lain: 1) studi pendahuluan; 2) pengembangan; 3) uji lapangan; 4) diseminasi. Modul Teknik Kerja Bengkel divalidasi oleh dua ahli materi dan dua ahli media, selanjutnya di ujicobakan pada sembilan peserta didik kelas XII dan tiga puluh siswa kelas X pada Jurusan Teknik Audio Video SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Penilaian teknik pengambilan ‘data menggunakan angket/kuesioner skala Likert model empat pilihan. Kelayakan modul pembelajaran menggunakan empat input penilaian kategori yaitu sangat baik/sangat layak, baik/layak, cukup baik/cukup layak dan tidak baik/tidak layak. Analisis data menggunakan analisis deskriptif. ‘Penelitian pengembangan menghasilkan sebuah produk berupa modul pembelajaran Teknik Kerja Bengkel sebagai bahan Ajar Kelas X. Isi modul mencakup judul, pendahuluan, pembelajaran, evaluasi dan kunci jawaban dengan total 66 halaman. Hasil penelitian menunjukan bahwa modul pembelajaran in mendapatkan rerata skor total dari hasil evaluasi ahli materi sebesar 3,4 dari nilai skor maksimum 4 sehingga dinyatakan sangat layak. Sementara rerata skor total dari ahli media sebesar 3,75 dari nilai skor maksimum 4 sehingga dinyatakan sangat layak. Sementara rerata skor dari uji lapangan adalah sebesar 3,20 dari skor maksimum 4 sehingga dinyatakan layak/baik. Serta rerata skor dari ahli media, materi dan uji lapangan sebesar 3,45 dari nilai skor 4 sehingga termasuk dalam kategori “sangat layak/sangat baik”. Berdasarkan dari hasil validasi ahli dan uji lapangan tersebut, maka modul yan dikembangkan dinyatakan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran mata pelajaran Teknik Kerja Bengkel.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: modul pembelajaran, teknik audio video,teknik kerja bengkel
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektronika
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 20 Sep 2019 06:53
Last Modified: 20 Sep 2019 06:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65952

Actions (login required)

View Item View Item