Pengembangan Multimedia Pembelajaran Biologi Materi Sistem Saraf untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa SMA/MA Kelas XI.

Hartoyo, Hartoyo and Gafur, Abdul (2019) Pengembangan Multimedia Pembelajaran Biologi Materi Sistem Saraf untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa SMA/MA Kelas XI. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (717kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab I.pdf

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab III.pdf

Download (306kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab V.pdf

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui tingkat kelayakan multimedia pembelajaran yang dikembangkan sebagai media pembelajaran biologi pada materi “Sistem Saraf” untuk siswa MA kelas XI dan 2) mengetahui efektivitas multimedia pembelajaran terhadap peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa biologi materi ”Sistem Saraf” MA kelas XI. Penelitian ini adalah Research and Development (R&D), yang mengacu pada langkah-langkah model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Pengujian produk terdiri atas uji alfa dan uji beta untuk mengetahui tingkat kelayakan produk, dan uji efektivitas untuk mengetahui tingkat keefektivitasan produk pada capaian hasil pembelajaran dan motivasi belajar siswa. Uji alfa produk melibatkan 2 ahli media dan 2 ahli materi. Uji beta produk melibatkan 1 guru biologi dan 5 siswa kelas XI MAN 1 Maluku Tengah. Uji efektivitas melibatkan 20 siswa kelas XI MAN 1 Maluku Tengah. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, angket dan tes. Data yang terkumpul selanjutnya dianalisis dengan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian pengembangan ini mengasilkan produk multimedia pembelajaran yang dikemas dalam bentuk Compact Disc (CD), Flashdisk. Hasil pengujian produk pada uji alfa pada produk multimedia ini dikategorikan sangat layak dengan rata-rata skor 3,75 oleh ahli media dan 3,56 oleh ahli materi. Hasil uji beta juga menilai multimedia ini dikategorikan sangat layak dengan rerata skor 3,8. Multimedia ini juga terbukti efektif untuk meningkatkan hasil dan motivasi belajar siswa kelas XI MAN 1 Maluku Tengah. Kata Kunci: pengembangan, multimedia pembelajaran, biologi, sistem saraf, motivasi belajar, hasil belajar, madrasah aliah.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Pendidikan > Teknologi Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 20 Sep 2019 04:06
Last Modified: 20 Sep 2019 04:06
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65949

Actions (login required)

View Item View Item