PENGARUH ANTARA KEMAMPUAN MEMBACA GAMBAR DAN FASILITAS BENGKEL TERHADAP KOMPETENSI PRAKTIK PEMESINAN SISWA KELAS XI TEKNIK PEMESINAN SMK MUHAMMADIYAH PRAMBANAN

Pamungkas, Guntur Andi (2019) PENGARUH ANTARA KEMAMPUAN MEMBACA GAMBAR DAN FASILITAS BENGKEL TERHADAP KOMPETENSI PRAKTIK PEMESINAN SISWA KELAS XI TEKNIK PEMESINAN SMK MUHAMMADIYAH PRAMBANAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (898kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. BAB I.pdf

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB II.pdf

Download (290kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB III.pdf

Download (442kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB IV.pdf

Download (507kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB V.pdf

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. LAMPIRAN.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh kemampuan membaca gambar terhadap kompetensi praktik pemesinan; (2) pengaruh fasilitas bengkel terhadap kompetensi praktik pemesinan; (3) pengaruh kemampuan membaca gambar dan fasilitas bengkel terhadap kompetensi praktik pemesinan SMK Muhammadiyah Prambanan. Penelitian ini merupakan penelitian exspost facto, populasi pada penelitian ini terdiri dari seluruh peserta didik kelas XI SMK Muhammadiyah Prambanan Jurusan Teknik Pemesinan meliputi kelas XI TPA, TPB, TPC, TPD dengan jumlah sampel yang didapat sebanyak 96 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan angket (skala Likert 4 alternatif jawaban). Teknik analisis data ini menggunakan teknik deskriptif dan regresi dengan bantuan software SPSS. Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1) kemampuan membaca gambar terhadap kompetensi praktik pemesinan memiliki pengaruh positif. Hal ini dibuktikan dari nilai t hitung sebesar 4,584 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05 (0,000< 0,05) dan koefisien regresi mempunyai nilai positif sebesar 0,277;. (2) fasilitas bengkel terhadap kompetensi praktik pemesinan memiliki pengaruh positif. Hal ini dibuktikan dari nilai t hitung sebesar 7,291 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05 (0,000 < 0,05) dengan koefisien regresi mempunyai nilai positif sebesar 0,260;. (3) hasil pengujian analisis regresi linear berganda menunjukkan bahwa terdapat nilai signifikansi sebesar 0,000 (0,000 < 0,05). Nilai tersebut dapat membuktikan hipotesis diterima, yang berarti bahwa “ada pengaruh membaca gambar dan fasilitas bengkel secara simultan terhadap kompetensi praktik pemesinan siswa SMK Muhammadiyah Prambanan”.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: kemampuan membaca gambar, fasilitas bengkel, hasil kompetensi pemesinan
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mesin
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 20 Sep 2019 02:48
Last Modified: 20 Sep 2019 02:48
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65945

Actions (login required)

View Item View Item