Jaeti, Nur Fadillah and Farozin, Moh (2019) Efektivitas Konseling Kelompok Teknik Self- Management Terhadap Peningkatan Kedisiplinan Dan Penurunan Agresivitas Pada Siswa SMK Negeri 1 Pandak Tahun Ajaran 2017/2018. S2 thesis, Program Pascasarjana.
Text
Cover.pdf Restricted to Registered users only Download (228kB) |
|
Text
Bab I.pdf Restricted to Registered users only Download (109kB) |
|
Text
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (204kB) |
|
Text
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (161kB) |
|
Text
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (218kB) |
|
Text
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (30kB) |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (136kB) |
|
Text
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (489kB) |
Abstract
Komunikasi interpersonal dan percaya diri merupakan bagian dari tugas perkembangan siswa, sehingga siswa dilatih untuk memiliki kemampuan komunikasi interpersonal dan rasa percaya diri yang tinggi. Penelitian bertujuan untuk mengetahui keefektifan teknik psikodrama melalui layanan konseling kelompok terhadap peningkatan komunikasi interpersonal dan percaya diri siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan pre-test post- test desain. Penelitian dilakukan di SMP Muhammadiyah Pakem Sleman, Yogyakarta. Penentuan sampel dalam penelitian ini dengan metode purposive yaitu 10 orang siswa kelas VIII yang memiliki tingkat komunikasi interpersonal dan percaya diri rendah. Pengumpulan data menggunakan skala komunikasi interpersonal dan percaya diri yang telah diuji validitas dan reliabilitas. Masing- masing skala mendapatkan nilai alpha 0,957 dan 0,936 nilai tersebut lebih besar dari nilai koefesien yaitu 0,70, hasil tersebut menunjukkan bahwa skala sudah baku untuk digunakan sebagai alat pengumpul data penelitian. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik non parametrik melalui uji wilcoxon dan uji mann- whitney test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknik psikodrama efektif terhadap peningkatan komunikasi interpersonal dan percaya diri siswa. Hasil ini dibuktikan dengan hasil uji perbandingan nilai post-test yang menunjukkan nilai 0,000 < 0,05 yang artinya terdapat perbedaan nilai post-test yang signifikan. Layanan konseling kelompok dengan teknik psikodrama dibuktikan efektif terhadap peningkatan komunikasi interpersonal dan percaya diri siswa artinya tujuan dari pemberian layanan pada penelitian ini dengan teknik psikodrama telah tercapai.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | komunikasi interpersonal, percaya diri, psikodrama |
Subjects: | Pendidikan > Bimbingan Pendidikan > Konseling |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 19 Sep 2019 08:17 |
Last Modified: | 08 Nov 2021 04:36 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65944 |
Actions (login required)
View Item |