Peningkatkan Efikasi Diri Akademik dan Motivasi Berprestasi Melalui Teknik Psikodrama Pada Siswa Kelas XI MA Madania Bantul Yogyakarta.

Permana, Hara and Suwarjo, Suwarjo (2019) Peningkatkan Efikasi Diri Akademik dan Motivasi Berprestasi Melalui Teknik Psikodrama Pada Siswa Kelas XI MA Madania Bantul Yogyakarta. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
Cover.pdf
Restricted to Registered users only

Download (566kB)
[img] Text
Bab I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (164kB)
[img] Text
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (418kB)
[img] Text
Bab III .pdf
Restricted to Registered users only

Download (312kB)
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (511kB)
[img] Text
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (69kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (150kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan efikasi diri akademik dan motivasi berprestasi pada siswa kelas XI MA Madania Bantul melalui teknik psikodrama. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan yang dilaksanakan dalam lima siklus menggunakan model Kemmis dan Taggart. Setiap siklusnya terdiri atas empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah 10 siswa kelas XI MA Madania Bantul. Jenis tindakan yang dilakukan adalah teknik psikodrama yang terdiri dari tiga tahap, yaitu persiapan, pelaksanaan, dan diskusi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah skala, observasi dan wawancara. Instrumen penelitian ini adalah skala efikasi diri akademik dan motivasi berprestasi, pedoman observasi dan pedoman wawancara. Kriteria keberhasilan dalam penelitian ini adalah 80 % dari subjek memiliki efikasi diri akademik dan motivasi berprestasi tinggi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknik psikodrama yang meliputi persiapan, pelaksanaan dan diskusi dapat meningkatkan efikasi diri akademik dan motivasi berprestasi siswa kelas XI MA Madania Bantul. Pra tindakan yang dilakukan dengan menyebarkan skala mengahasilkan data efikasi diri akademik dan motivasi berprestasi siswa yang masih tergolong rendah. Pada siklus pertama yang terdiri dari lima tindakan 40 % siswa memiliki efikasi diri akademik dan motivasi berprestasi kateogori sedang. Pada siklus kedua yang terdiri dari lima tindakan meningkat menjadi 60 % siswa memiliki efikasi diri akademik dan motivasi berprestasi kateogori sedang. Pada siklus ketiga yang terdiri dari lima tindakan meningkat menjadi 100 % siswa memiliki efikasi diri akademik dan motivasi berprestasi kateogori sedang. Pada siklus keempat yang terdiri dari lima tindakan meningkat menjadi 70 % siswa memiliki efikasi diri akademik dan motivasi berprestasi kateogori tinggi. Pada siklus kelima yang terdiri dari lima tindakan meningkat menjadi 100 % siswa sudah memiliki efikasi diri akademik dan motivasi berprestasi kateogori tinggi dan sudah mencapai target. Hasil tersebut juga diperkuat dengan observasi dan wawancara terhadap subjek yang menunjukkan adanya efikasi diri akademik dan motivasi berprestasi yang meningkat dari pra tindakan. Kata kunci: psikodrama, efikasi diri akademik, motivasi berprestasi, PTK

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Pendidikan > Bimbingan
Pendidikan > Konseling
Divisions: Program Pascasarjana > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 19 Sep 2019 07:33
Last Modified: 16 Dec 2021 02:15
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65943

Actions (login required)

View Item View Item