PENGEMBANGAN JOB SHEET MEMBUAT BAGIAN-BAGIAN BUSANA DALAM SUATU PRODUK MATA PELAJARAN TEKNOLOGI MENJAHIT UNTUK SISWA KELAS X DI SMK NEGERI 6 YOGYAKARATA

Rohmah, Laila Nur (2019) PENGEMBANGAN JOB SHEET MEMBUAT BAGIAN-BAGIAN BUSANA DALAM SUATU PRODUK MATA PELAJARAN TEKNOLOGI MENJAHIT UNTUK SISWA KELAS X DI SMK NEGERI 6 YOGYAKARATA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. BAB 1.pdf

Download (306kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB 2.pdf

Download (425kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB 3.pdf

Download (556kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB 4.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB 5.pdf

Download (281kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. LAMPIRAN.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan job sheet menjahit blus untuk siswa kelas X di SMK Negeri 6 Yogyakarta; (2) mengetahui kelayakan job sheet menjahit blus untuk siswa kelas X di SMK Negeri 6 Yogyakarta yang ditinjau dari ahli materi, ahli media, dan siswa. Jenis penelitian ini adalah R&D (Research and Development) menggunakan model pengembangan 4D yang dikembangkan oleh Thiagarajan terdiri dari 4 tahapan yaitu: (1) define (pendefinisian); (2) design (perancangan); (3) develop (pengembangan); (4) disseminate (penyebarluasan). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X Tata Busana SMK Negeri 6 Yogyakarta yang berjumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan angket. Validitas instrumen menggunakan validitas isi yang berdasarkan penilaian dari Expert Judgment. Reliabilitas instrumen menggunakan teknik Alfa Conbrach dengan hasil sebesar 0,635 sehingga termasuk kategori kuat. Teknik analisis data dilakukan dengan diskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah: (1) produk job sheet menjahit blus untuk mata pelajaran Teknologi Menjahit di jurusan tata busana SMK Negeri 6 Yogyakarta; (2) kelayakan job sheet menjahit blus ditinjau dari ahli materi mendapat skor rerata 3,82 dinyatakan sangat layak; (3) kelayakan job sheet menjahit blus ditinjau dari ahli media mendapat skor rerata 3,80 dinyatakan sangat layak; (4) kelayakan job sheet menjahit blus ditinjau dari uji coba skala kecil mendapat skor rerata 3,47 dinyatakan sangat layak dan uji coba skala besar mendapat skor rerata 3,40 dinyatakan sangat layak. Dengan demikian job sheet menjahit blus dinyatakan sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran job sheet menjahit blus dan dapat membantu siswa dalam memahami materi pelajaran menjahit blus.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: job sheet menjahit blus, teknologi menjahit, tata busana
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 19 Sep 2019 04:07
Last Modified: 19 Sep 2019 04:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65938

Actions (login required)

View Item View Item