Pengembangan Visualisasi Tiga Dimensi (3D) dalam Pembelajaran Hibrid untuk Mengukur Kemampuan Berfikir Kritis dan Sikap Ilmiah Peserta Didik SMA.

Astuti, Tiwi Nur and Sugiyarto, Sugiyarto (2019) Pengembangan Visualisasi Tiga Dimensi (3D) dalam Pembelajaran Hibrid untuk Mengukur Kemampuan Berfikir Kritis dan Sikap Ilmiah Peserta Didik SMA. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (989kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab I.pdf

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab II.pdf

Download (269kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab III.pdf

Download (461kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab IV.pdf

Download (859kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab V.pdf

Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (288kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1) karakteristik visualisasi 3D dalam pembelajaran hibrid pada mata pelajaran kimia SMA, (2) kualitas visualisasi 3D dalam pembelajaran hibrid pada mata pelajaran kimia SMA, dan (3) perbedaan kemampuan berfikir kritis dan sikap ilmiah peserta didik yang menggunakan media visualisasi 3D dalam pembelajaran hibrid baik sebagai suplemen maupun pengganti dengan peserta didik yang melakukan pembelajaran praktikum di laboratorium nyata. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan media laboratorium visualisasi 3D terintegrasi pembelajaran hibrid dengan model pengembangan ADDIE. Model ini meliputi lima tahap, yaitu analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Produk laboratorium visualisasi 3D ini diujicobakan kepada tiga kelas uji coba yang dipilih secara cluster random sampling. Kelas eksperimen-1 mengikuti pembelajaran dengan hybrid learning menggunakan media visualisasi 3D, kelas eksperimen-2 mengikuti pembelajaran dengan hybrid learning menggunakan media visualisasi 3D dan kegiatan praktikum dengan laboratorium nyata, sedangkan kelas kontrol mengikuti pembelajaran praktikum dengan laboratorium nyata. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal kemampuan berfikir kritis dan angket sikap ilmiah yang telah divalidasi secara teoritis dan empiris oleh ahli. Data yang diperoleh dianalisis dengan Manova untuk menguji perbedaan kemampuan berfikir kritis dan sikap ilmiah antara ketiga kelas tersebut. Hasil penilaian kualitas laboratorium visualisasi 3D dianalisis secara deskriptif kuantitatif yang meliputi aspek konten, pembelajaran, dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) karakteristik media visualisasi 3D dalam virtual reality adalah bahwa media ini dapat dioperasikan pada android dengan bantuan kacamata 3D dan controller. Simulasi dalam visualisasi 3D ini adalah praktikum kepolaran senyawa pada materi ikatan kimia dalam lingkungan virtual sehingga seolah-olah pengguna melakukan praktikum seperti dalam dunia nyata, (2) kualitas media visualisasi 3D pada materi ikatan kimia memiliki kualitas yang sangat baik ditinjau dari segi pembelajaran, konten, dan teknik berdasarkan penilaian dari guru kimia, dan (3) terdapat perbedaan kemampuan berfikir kritis dan sikap ilmiah yang signifikan antara peserta didik yang menggunakan media visualisasi 3D dalam pembelajaran hibrid baik sebagai suplemen maupun pengganti dengan peserta didik yang melakukan pembelajaran praktikum di laboratorium nyata.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Kimia
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 19 Sep 2019 02:02
Last Modified: 19 Sep 2019 02:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65933

Actions (login required)

View Item View Item