Keterampilan Proses Sains dan Efikasi Diri Pada Pembelajaran Berbasis Masalah Materi Kesetimbangan Kimia.

Handayani, Melia and Supiah, Isana (2019) Keterampilan Proses Sains dan Efikasi Diri Pada Pembelajaran Berbasis Masalah Materi Kesetimbangan Kimia. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (902kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab I.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab II.pdf

Download (288kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab III.pdf

Download (529kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab IV.pdf

Download (740kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab V.pdf

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (282kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mengetahui perbedaan keterampilan proses sains dan efikasi diri peserta didik antara penerapan model pembelajaran berbasis masalah dengan pendekatan saintifik, (2) mengetahui kategori keterampilan proses sains dengan penerapan pembelajaran berbasis masalah, (3) mengetahui kategori efikasi diri peserta didik dengan penerapan pembelajaran berbasis masalah. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan menggunakan desain penelitian post test only design. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 11 Yogyakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI MIA se-Daerah Istimewa Yogyakarta. Sampel penelitian peserta didik SMA N 11 Yogyakarta yang ditentukan secara cluster random sampling. Kelas eksperimen diberikan perlakuan dengan model pembelajaran berbasis masalah dan kelas kontrol diberikan perlakuan dengan pendekatan saintifik. Jumlah peserta didik pada kelas eksperimen adalah 30 peserta didik dan kelas kontrol 31 peserta didik. Pengumpulan data menggunakan soal tes, lembar observasi keterampilan proses sains, dan angket efikasi diri. Analisis data menggunakan uji Manova pada taraf signifikansi 5% dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat perbedaan keterampilan proses sains dan efikasi diri peserta didik yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dengan pendekatan saintifik; (2) keterampilan proses sains pada kelas eksperimen berada di kategori baik (3) efikasi diri pada kelas eksperimen berada di kategori baik

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Kimia
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 19 Sep 2019 01:41
Last Modified: 19 Sep 2019 01:41
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65932

Actions (login required)

View Item View Item