Pengembangan Media Laboratorium Virtual Berbasis Inkuiri Pada Materi Kesetimbangan Kimia dan Efektivitasnya terhadap Kemampuan Inkuiri dan Hasil Belajar Kognitif Siswa SMA.

Ifthinan, Dinda Nadia Mutiara and Atun, Sri (2019) Pengembangan Media Laboratorium Virtual Berbasis Inkuiri Pada Materi Kesetimbangan Kimia dan Efektivitasnya terhadap Kemampuan Inkuiri dan Hasil Belajar Kognitif Siswa SMA. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (902kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab I.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab II.pdf

Download (288kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab III.pdf

Download (529kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab IV.pdf

Download (740kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab V.pdf

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (282kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengembangkan media Laboratorium Virtual (LAVIA) berbasis inkuiri pada materi kesetimbangan kimia untuk peserta didik kelas XI SMA; (2) menguji kelayakan media yang dikembangkan tersebut; (3) menguji perbedaan antara kemampuan inkuiri dan hasil belajar kognitif peserta didik kelas XI SMA yang menggunakan dan yang tidak menggunakan media tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan yang mengacu pada 10 tahapan pengembangan Borg & Gall. Produk yang dikembangkan adalah media LAVIA berbasis inkuiri yang dinilai oleh ahli media, ahli materi, pendidik kimia, peer reviewer, dan di ujicobakan pada peserta didik. Sampel yang digunakan pada uji pelaksanaan lapangan adalah dua kelas, satu kelas digunakan sebagai kelas eksperimen dengan penerapan media LAVIA berbasis inkuiri, sedangkan kelas lainnya sebagai kelas kontrol yang tidak menerapkan media tersebut. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi, angket kemampuan inkuiri, dan soal hasil belajar kognitif yang telah divalidasi sebelumnya. Analisis data yang digunakan adalah MANOVA, untuk menguji perbedaan kemampuan inkuiri dan hasil belajar kognitif dengan adanya penerapan media tersebut. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) Media LAVIA berbasis inkuiri merupakan media yang dapat dioperasikan dalam perangkat berbasis Windows, dapat dilakukan kapanpun dan dimanapun, yang menyajikan kegiatan praktikum secara virtual; (2) berdasarkan hasil penilaian dari pendidik kimia, peer reviewer, peserta didik uji coba lapangan awal, dan peserta didik uji coba lapangan, media tersebut termasuk dalam kategori sangat baik; (3) Ada perbedaan kemampuan inkuiri dan hasil belajar kognitif antara peserta didik yang menggunakan dan yang tidak menggunakan media tersebut.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Kimia
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 18 Sep 2019 08:53
Last Modified: 18 Sep 2019 08:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65930

Actions (login required)

View Item View Item