Ifthinan, Dinda Nadia Mutiara and Atun, Sri (2019) Pengembangan Media Laboratorium Virtual Berbasis Inkuiri Pada Materi Kesetimbangan Kimia dan Efektivitasnya terhadap Kemampuan Inkuiri dan Hasil Belajar Kognitif Siswa SMA. S2 thesis, Program Pascasarjana.
|
Text
Cover.pdf Download (902kB) | Preview |
|
|
Text
Bab I.pdf Download (107kB) | Preview |
|
|
Text
Bab II.pdf Download (288kB) | Preview |
|
|
Text
Bab III.pdf Download (529kB) | Preview |
|
|
Text
Bab IV.pdf Download (740kB) | Preview |
|
|
Text
Bab V.pdf Download (60kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (282kB) | Preview |
|
|
Text
Lampiran.pdf Download (7MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengembangkan media Laboratorium Virtual (LAVIA) berbasis inkuiri pada materi kesetimbangan kimia untuk peserta didik kelas XI SMA; (2) menguji kelayakan media yang dikembangkan tersebut; (3) menguji perbedaan antara kemampuan inkuiri dan hasil belajar kognitif peserta didik kelas XI SMA yang menggunakan dan yang tidak menggunakan media tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan yang mengacu pada 10 tahapan pengembangan Borg & Gall. Produk yang dikembangkan adalah media LAVIA berbasis inkuiri yang dinilai oleh ahli media, ahli materi, pendidik kimia, peer reviewer, dan di ujicobakan pada peserta didik. Sampel yang digunakan pada uji pelaksanaan lapangan adalah dua kelas, satu kelas digunakan sebagai kelas eksperimen dengan penerapan media LAVIA berbasis inkuiri, sedangkan kelas lainnya sebagai kelas kontrol yang tidak menerapkan media tersebut. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi, angket kemampuan inkuiri, dan soal hasil belajar kognitif yang telah divalidasi sebelumnya. Analisis data yang digunakan adalah MANOVA, untuk menguji perbedaan kemampuan inkuiri dan hasil belajar kognitif dengan adanya penerapan media tersebut. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) Media LAVIA berbasis inkuiri merupakan media yang dapat dioperasikan dalam perangkat berbasis Windows, dapat dilakukan kapanpun dan dimanapun, yang menyajikan kegiatan praktikum secara virtual; (2) berdasarkan hasil penilaian dari pendidik kimia, peer reviewer, peserta didik uji coba lapangan awal, dan peserta didik uji coba lapangan, media tersebut termasuk dalam kategori sangat baik; (3) Ada perbedaan kemampuan inkuiri dan hasil belajar kognitif antara peserta didik yang menggunakan dan yang tidak menggunakan media tersebut.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 18 Sep 2019 08:53 |
Last Modified: | 18 Sep 2019 08:53 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65930 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |