PENGARUH KOMPOSISI CAT AKRILIK DAN BINDER SABLON TERHADAP KUALITAS TAHAN LUNTUR WARNA DAN KEKAKUAN DALAM PEMBUATAN MOTIF COSPLAY PADA KAIN KATUN, SATIN, DAN DRILL

Hadinata, Ong, Grace Quarissa (2019) PENGARUH KOMPOSISI CAT AKRILIK DAN BINDER SABLON TERHADAP KUALITAS TAHAN LUNTUR WARNA DAN KEKAKUAN DALAM PEMBUATAN MOTIF COSPLAY PADA KAIN KATUN, SATIN, DAN DRILL. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER-DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (926kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (446kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (336kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (994kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (335kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) pengaruh komposisi cat akrilik dan binder sablon terhadap kualitas tahan luntur warna , (2) pengaruh komposisi cat akrilik dan binder sablon terhadap kekakuan, (3) komposisi yang memiliki ketahanan luntur warna terbaik, (4) komposisi yang memiliki tingkat kekakuan terbaik pada masing-masing jenis kain, dan (5) menghasilkan katalog yang berisi hasil penelitian. Penelitian ini adalah eksperimen murni dengan desain eksperimen faktorial 3x3 dimana komposisi cat akrilik dibanding binder sablon masing-masing dalam persen adalah A 80:20, B 65:35, dan C 50:50 terhadap X kain katun, Y kain satin bridal, dan Z kain drill dengan jumlah pengujian disesuaikan dengan standard pengujian. Populasi penelitian ini adalah cat akrilik merek Winsor & Newton Galeria Acrylic warna 077 Burnt Sienna Opaque 120 ml, binder sablon Matsumin Bronze Binder 301, kain katun Tokai Senko kode warna 14, kain satin bridal merek Bridal Soft kode warna 3802, dan kain drill serat sedang American Drill #1668 kode warna 601 yang ada di pasaran maupun e-commerce Tokopedia. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji tahan luntur warna terhadap pencucian (SNI 08-0285-1998) dan uji kekakuan arah lusi dan pakan (SNI 0314) yang dievaluasi oleh Balai Besar Tekstil. Validitas yang digunakan adalah validitas internal dan eksternal serta reliabilitas yang diperoleh dari alat-alat yang terkalibrasi dan dalam lingkungan penelitian yang serupa. Analisis data yang digunakan adalah ANAVA non-parametrik Kruskall-Wallis. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) berdasarkan uji statistik, tidak adanya pengaruh variasi komposisi cat akrilik dan binder sablon pada berbagai jenis bahan baik pada pengujian tahan luntur warna terhadap pencucian 40 ⁰C maupun penodaan terhadap kain putih; (2) hasil uji statistik kekakuan kain menunjukkan adanya pengaruh komposisi dan jenis bahan terhadap rasa pegangan kain yang menggambarkan kaku atau tidaknya suatu bahan, (3) tidak ada variasi komposisi yang paling baik maupun buruk pada seluruh jenis kain, jika terkait ketahanan luntur terhadap pencucian dan penodaan (4) komposisi yang menunjukkan tingkat kekakuan terbaik untuk kain katun adalah komposisi 50:50 serta 65:35 untuk satin bridal dan drill, (5) hasil katalog yang telah divalidasi oleh pembimbing dan layak untuk publikasi.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Sablon, Cat Akrilik, Cosplay, Ketahanan Luntur Warna
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 18 Sep 2019 07:07
Last Modified: 18 Sep 2019 07:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65926

Actions (login required)

View Item View Item