EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN PRODUKTIF DENGAN PENERAPAN KURIKULUM 2013 DI SMK N 2 YOGYAKARTA

Nugroho, Jatmiko (2019) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN PRODUKTIF DENGAN PENERAPAN KURIKULUM 2013 DI SMK N 2 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1 COVER.pdf

Download (258kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2 ABSTRAK.pdf

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3 BAB I.pdf

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4 BAB II.pdf

Download (473kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5 BAB III.pdf

Download (391kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6 BAB IV.pdf

Download (713kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7 BAB V.pdf

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9 LAMPIRAN.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran produktif dengan penerapan Kurikulum 2013 di SMK N 2 Yogyakarta berdasarkan: (1) aspek konteks perencanaan pembelajaran, (2) aspek proses atau pelaksanaan pembelajaran, dan (3) aspek produk atau evaluasi hasil pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian meliputi seluruh guru mata pelajaran produktif dan siswa di SMK N 2 Yogyakarta dengan jumlah 78 guru dan 2053 siswa. Sampel guru diambil sejumlah 61 orang dan sampel siswa sejumlah 234 orang yang didapat berdasarkan metode Proportional Stratified Random Sampling. Data dikumpulkan dengan instrumen angket dengan uji validitas menggunakan teknik Analisis Faktor dan uji reliabilitias menggunakan alpha chronbach. Hasil uji validitas instrumen dengan analisis faktor menunjukkan bahwa 77 butir item untuk instrumen guru dan 35 butir item untuk instrumen siswa mempunyai nilai Measure of Sampling Adequacy ≥ 0,5 sehingga dinyatakan valid untuk digunakan. Hasil uji reliabilitas untuk instrumen guru menunjukkan nilai koefisien sebesar 0,961 dan untuk instrumen siswa menunjukkan nilai koefisien sebesar 0,983 sehingga instrumen reliabel untuk digunakan. Analisa data menggunakan teknik statistik deskriptif dengan pengkategorian kecenderungan data dibagi dalam kategori sangat tinggi, tinggi, sedang, rendah, dan sangat rendah. Data hasil penelitian diolah dengan bantuan program Microsoft Excell 2013. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efektivitas pembelajaran dengan penerapan Kurikulum 2013 berdasarkan pada: (1) aspek konteks perencanaan pembelajaran sebanyak 72,13% guru berada dalam kategori sangat tinggi, (2) aspek proses atau pelaksanaan pembelajaran menurut 60,66% guru berada dalam kategori sangat tinggi dan menurut 47,44% siswa dalam kategori tinggi, dan (3) aspek produk atau evaluasi hasil pembelajaran menurut 63,93% guru berada dalam kategori sangat tinggi, dan menurut 43,59% siswa berada dalam kategori tinggi. Adapun efektivitas pembelajaran dalam keseluruhan aspek menurut 60,66% guru berada dalam kategori sangat tinggi dan menurut 42,74% siswa berada dalam kategori tinggi. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa efektivitas pembelajaran produktif dengan penerapan Kurikulum 2013 di SMK N 2 Yogyakarta telah terlaksana dengan baik dan efektivitas pada masing-masing aspek dapat ditingkatkan dengan meningkatkan penataan lingkungan belajar, penyampaian materi belajar dengan model dan media yang bervariasi, memberikan bimbingan dan reinforcement pada siswa yang belum mencapai kompetensi, dan menumbuhkan etos kerja siswa yang baik.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: efektivitas, pembelajaran, kurikulum
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektronika
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 18 Sep 2019 06:16
Last Modified: 18 Sep 2019 06:16
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65923

Actions (login required)

View Item View Item