ANALISIS KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA PADA ENGINE STAND DI BENGKEL JURUSAN PENDIDIKAN TEKNIK OTOMOTIF FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

Alfarisi, Awabin Hafid (2019) ANALISIS KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA PADA ENGINE STAND DI BENGKEL JURUSAN PENDIDIKAN TEKNIK OTOMOTIF FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (752kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Abstrak.pdf

Download (318kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. BAB I.pdf

Download (328kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB II.pdf

Download (485kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB III.pdf

Download (455kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB IV.pdf

Download (723kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB V.pdf

Download (323kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. Daftar Pustaka.pdf

Download (310kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. Lampiran.pdf

Download (455kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mengetahui fasilitas penunjang pelaksnaan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3); (2) Mengetahui potensi kecelakaan kerja pada unit Engine Stand; (3) Mengetahui tindakan pencegahan terhadap terjadinya kecelakaan kerja pada unit Engine Stand ditinjau dari aspek K3; (4) Mengetahui tindakan pencegahan terhadap terjadinya kecelakaan kerja kerja pada unit Engine Stand ditinjau dari aspek ergonomi. Penelitian ini dilaksanakan di Bengkel otomotif Jurusan Pendidikan Teknik Otomotif Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian survei dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Objek penelitian adalah unit praktikum Engine Stand yang ada di bengkel Otomotif. Metode pengambilan data melaui teknik observasi, yang dilengkapi dengan instrumen penelitian berupa lembar obsrvasi dan cheklist. Data penelitian dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa: (1) Fasilitas penunjang pelaksanaan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) pada unit Engine Stand di Jurusan Pendididkan Teknik Otmotif Fakultas Teknik Univesitas Negeri Yogyakarta termasuk dalam kategori sedang (48,44%); (2) Potensi kecelakaan kerja pada unit Engine Stand di Bengkel Otmotif pada kegiatan praktikum pemanfaatan Engine Stand memeliki potensi dalam kategori rendah (40,73%); (3) Tindakan pencegahan terhadap terjadinya kecelakaan kerja pada unit Engine Stand di Bengkel Otmotif ditinjau dari aspek K3 menunjukkan termasuk dalam kategori baik (71,66%); (4) Tindakan pencegahan terhadap terjadinya kecelakaan kerja kerja pada unit Engine Stand di Bengkel Otmotif ditinjau dari aspek ergonomi menunjukkan termasuk dalam kategori rendah (38,50%).

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Engine Stand, kecelakaan kerja, K3, ergonomic
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 18 Sep 2019 04:29
Last Modified: 18 Sep 2019 04:29
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65919

Actions (login required)

View Item View Item