PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) DALAM PEMBELAJARAN PADA PROGAM KEAHLIAN DESAIN PERMODELAN DAN INFORMASI BANGUNAN (DPIB) SMK MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA

Jaya, Andono Putu (2019) PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) DALAM PEMBELAJARAN PADA PROGAM KEAHLIAN DESAIN PERMODELAN DAN INFORMASI BANGUNAN (DPIB) SMK MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. BAB I Revisi.pdf

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB II.pdf

Download (328kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB III Revisi.pdf

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB IV Revisi.pdf

Download (336kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB V.pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. LAMPIRAN.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini mendeskripsikan pemanfaatan TIK dalam proses pembelajaran pada kompetensi keahlian SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta terkait sarana dan prasarana pendukung pembelajaran berbasis TIK pada kompetensi keahlian SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta dan pemanfaatan TIK oleh guru mata pelajaran kompetensi keahlian DPIB. Dua pertanyaan penelitian diajukan berhubungan dengan kedua tujuan peneltian tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang dilakukan di SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Penelitian ini adalah penelitian populasi. Populasi pada penelitian ini adalah 3 orang guru kompetensi keahlian DPIB dengan unit analisisnya mata pelajaran produktif kompetensi keahlian DPIB. Pengujian validitas dengan metode expert judgement dengan dua dosen ahli. Pengujian reliabilitas dengan uji alpha cronbach. Analisa data berupa analisis data kuantitatif untuk angket dan analisis data kualitatif berupa wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Sarana dan prasarana SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta berada pada kategori A (High-end) yang menunjukkan bahwa sarana dan prasarana sudah memadahi; (2) Pemanfaatan TIK oleh guru mata pelajaran kompetensi keahlian DPIB sebesar 30,77% dalam kategori sangat tinggi, sebesar 46,15 % dalam kategori tinggi, dan 23,08% dalam kategori rendah. Hal ini menunjukan mayoritas pemanfaatan TIK oleh guru mata pelajaran kompetensi keahlian DPIB SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta dalam kategori tinggi. (3) Pemanfaatan TIK oleh guru mata pelajaran kompetensi keahlian DPIB belum maksimal. Maka dari itu Peneliti mengambil kesimpulan bahwa pemanfaatan TIK oleh guru pada mata pelajaran kompetensi keahlian DPIB belum memanfaatkan TIK secara maksimal.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pemanfaatan TIK, DPIB, SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Sipil dan Perencanaan
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 18 Sep 2019 04:04
Last Modified: 18 Sep 2019 04:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65917

Actions (login required)

View Item View Item