PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PEMBUATAN MACAMMACAM KAMPUH MENGGUNAKAN ADOBE FLASH PADA MATA PELAJARAN DASAR TEKNOLOGI MENJAHIT DI SMK N 1 SEWON

Hanifah, Ismi (2019) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PEMBUATAN MACAMMACAM KAMPUH MENGGUNAKAN ADOBE FLASH PADA MATA PELAJARAN DASAR TEKNOLOGI MENJAHIT DI SMK N 1 SEWON. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (504kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Abstrak.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. Bab I.pdf

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. Bab II.pdf

Download (520kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. Bab III.pdf

Download (223kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. Bab IV.pdf

Download (451kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. Bab V.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. Daftar Pustaka.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. Lampiran.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Menghasilkan media pembelajaran pembuatan macam-macam kampuh menggunakan Adobe Flash pada mata pelajaran dasar teknologi menjahit di SMK N 1 Sewon ; 2) Mengetahui kelayakan media pembelajaran pembuatan macam-macam kampuh menggunakan Adobe Flash pada mata pelajaran dasar teknologi menjahit di SMK N 1 Sewon. Jenis penelitian yang digunakan adalah pengembangan (Research and Development) dengan model pengembangan ADDIE yang dikembangkan oleh Dick and Carry yang terdiri dari 5 tahapan :analysis, design, development or production, implementation or deliver, dan evaluations. Subjek penelitian ini berjumlah 37 siswa. Pada uji skala kecil sebanyak 6 siswa dan uji coba skala besar sebanyak 31 siswa.Metode pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara.Valilditas instrumen yang digunakan adalah validitas konstruk dengan hasil rerata aspek materi adalah 0.779, rerata aspek media adalah 0.875, dan rerata aspek fungsi media adalah 0,742.Hasil nilai>0,632 sehingga instrumen dinyatakan valid.Pengujian reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach dengan hasil 0,742 dalam kategori sangat reliabel.Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian dan pengembangan berupa: 1) Pengembangan media pembelajaran dilakukan dengan tahap yaitu: a. Tahap Analysis meliputi analisis masalah dengan dilakukan observasi/pengamatan proses pembelajaran dan wawancara kepada guru Tata Busana, serta dilakukan analisis materi dan merumuskan tujuan; b. Tahap Design meliputi pembuatan flowchat dan storyboard; c. Tahap Development meliputi kegiatan produksi pembuatan media pembelajaran sampai kegiatan akhir; dilakukan kegiatan validasi ahli materi dengan nilai presentase 86,67% dalam kategori layak dan ahli media dengan nilai presentase 888% dalam kategori layak; e. Tahap Evaluation meliputi kegiatan uji skala kecil dengan nilai 74 dalam kategori layak dan uji skala besar dengan nilai 74 dalam kategori layak. 2) Kelayakan media pembelajan berdasarkan hasil validasi para ahli, uji skala kecil, dan uji skala besar dalam kategori layak sehingga media pembelajaran dapat digunakan dalam pembelajaran Dasar Teknologi Menjahit di SMK N 1 Sewon.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: pengembangan, media, macam-macam kampuh
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 18 Sep 2019 02:59
Last Modified: 18 Sep 2019 02:59
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65913

Actions (login required)

View Item View Item