HUBUNGAN KEMAMPUAN AWAL DENGAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN BOGA DASAR KELAS X DI SMK NEGERI 4 YOGYAKARTA

Assa’dillah, Shofiyyah (2019) HUBUNGAN KEMAMPUAN AWAL DENGAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN BOGA DASAR KELAS X DI SMK NEGERI 4 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1. COVER - DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (396kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. BAB I.pdf

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB II.pdf

Download (290kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB III.pdf

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB IV.pdf

Download (313kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB V.pdf

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. LAMPIRAN.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui kemampuan awal siswa pada Mata Pelajaran Boga Dasar di SMK Negeri 4 Yogyakarta, (2) mengetahui hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran Boga Dasar di SMK Negeri 4 Yogyakarta, (3) mengetahui hubungan kemampuan awal terhadap prestasi belajar Mata Pelajaran Boga Dasar di SMK Negeri 4 Yogyakarta. Jenis penelitian adalah korelasional dengan pendekatan ex-post facto. Populasi penelitian adalah siswa kelas X Program Keahlian Kuliner sejumlah 192 orang. Sampel penelitian sejumlah 123 orang ditentukan dengan rumus Isaac dan Michael, selanjutnya sampel setiap kelas ditentukan dengan teknik proportional random sampling. Data dikumpulkan dengan tes, dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif kuantitatif dan regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kemampuan awal pada pembelajaran kognitif Boga Dasar pada kategori tinggi sebesar 64,2%, (2) prestasi belajar Mata Pelajaran Boga Dasar siswa kelas X pada kategori sangat tinggi sebesar 61%, (3) terdapat hubungan positif dan signifikan antara kemampuan awal dengan prestasi belajar, rhitung> rtabel (0,482 > 0,176) dan sig. 0,000 nilai R2 sebesar 0,233. Nilai tersebut berart 23,3% perubahan pada variabel prestasi belajar Mata Pelajaran Boga Dasar kelas X di SMK Negeri 4 Yogyakarta dapat dipengaruhi oleh kemampuan awal yang dimiliki siswa, sehingga disimpulkan kemampuan awal memiliki pengaruh positif terhadap hasil prestasi belajar siswa sehingga semakin tinggi kemampuan awal semakin tinggi pula prestasi belajar yang diperoleh siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: kemampuan awal, prestasi belajar, boga dasar
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Boga
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 18 Sep 2019 02:52
Last Modified: 18 Sep 2019 02:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65912

Actions (login required)

View Item View Item